SYL Pandu Diskusi Presiden Bersama Para Gubernur

Jumat, 23 Februari 2018 | 03:42 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Bandung,Gosulsel.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hadir memberikan arahan kepada para peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia  (APPSI) 2018 di Trans Luxury Hotel,  Bandung Jawa Barat, Kamis (22/2/2018). 

Hari kedua ini digelar terbatas saat Presiden Joko Widodo hadir dan memberikan arahan. Setiap provinsi diwakili oleh dua orang perwakilan. Jokowi datang untuk berdiskusi dan mendengar berbagai tantangan dan potensi di daerah dalam pertemuan rutin gubernur se-Indonesia ini. Jokowi hadir dengan mengenakan batik warna coklat dan emas.

Sebelumnya, rapat sempat dibuka untuk media dan staf serta para pendamping gubernur saat Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan hingga tuntas.

SYL menyampaikan pentingnya penguatan perdagangan antar daerah di Indonesia. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi atau menyetop ketergantungan pada impor. 

“Kita harus mengoptimalkan perdagangan antar daerah, agar bisa mengurangi ketergantungan pada impor,” sebut Gubernur Sulsel ini. 

SYL juga memandu diskusi bersama Jokowi dengan para Gubernur yang berlangsung kuarang lebih satu jam. 

Dari diskusi ini kemudian mengerucut pada rencana, akan dibentuk bagian (desk) untuk memperkuat perdagangan antar daerah. Desk ini terdiri dari kementrian terkait, seperti perdagangan, perindustrian dan lainnya.

Pada Rakernas kali ini, APPSI  fokus membicarakan masalah konektivitas dan sinergitas antar provinsi di Indonesia. APPSI juga akan memetakan kembali potensi setiap provinsi di Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk membangun kebutuhan komoditas yang selama ini sebagian daerah mengandalkan produk impor.

Adapun tema Rakernas tahun ini, “Kerjasama Perdagangan Antar Daerah untuk Penguatan Ekonomi”, diikuti sebanyak 24 gubernur dan enam wakil gubernur. 

Pada Rakernas ini juga dilaksanakan MoU kerjasama oleh gubernur seIndonesia tentang perdagangan komoditas dan produk unggulan daerah. 

APPSI sendiri terbentuk pada 6 Juni  2000 di Jakarta, merupakan sebuah organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar pemerintah provinsi, sebagai penghubung antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat.

Gubernur Sulsel SYL sendiri menjadi Ketua APPSI dari tahun 2011 hingga 2019 atau untuk masa bakti dua periode.(*)

 


BACA JUGA