Tim Penilaian LSS Sulsel Berkunjung ke SMA 5 Gowa

Jumat, 23 Februari 2018 | 10:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Sulsel datang ke SMAN 5 Gowa Kecamatan Tinggimoncong, Jumat (23/2/2018).

Tim LSS disambut oleh Sekretaris Daerah, H Muchlis, Asisten III, Kepala Dinas kesehatan Kab Gowa, Kadis Pendidikan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Gowa, Camat Tinggimoncong, Kepala Desa dan Lurah.

Muchlis mengatakan SMA yang dulunya bernama SMAN 2 Tinggimoncong ini telah menghasilkan banyak prestasi dan sangat layak mendapatkan juara di LSS ini.

“Meskipun sekolah ini terlihat banyak piala yang berjejer, namun tidak ada apa-apanya ketika tak diberikan predikat sebagai Sekolah Sehat,” ujar Sekda Gowa.

H Muchlis juga mengaku terkesima dengan kebersihan sekolah tersebut, hal itulah yang memuatnya lain dari pada sekolah yang lain.

“Terus terang saya saja terkesima dengan kebersihan sekolah ini, karena Sekolah ini merupakan rahmat di wilayahnya sehingga menularkan Perilaku Hidup Beraih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekitarnya, ini akan menjadi sekolah sehat plus sekaligus pembentukan watak dan karakter,” tambahnya.

Saat memasuki Sekolah ini, Kesan pertama Ketua Tim Penilai LSS, Natsir Asikin yakni, sebuah anugerah ada ditengah-tengah sekolah ini dan warga tinggimoncong.

“Kesan pertama dapat saya pastikan ini merupakan kerjasama dengan Pemda Gowa yang bersinergi dengan sangat baik, sangat luar biasa suatu anugrah saya bisa berada ditengah-tengah sekolah ini,” kata Natsir.

Tak hanya itu, kata Natsir, pihaknya membawa tim terpadu dengan masing-masing terdiri dari Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Kesejahteraan Rakyat.

“Tak usah khawatir terkait penilaian, mereka ini adalah orang-orang yang independen, dan apa adanya sebagaimana kondisi yang dilihat di lapangan, mereka juga solid, maka sekali lagi jangan khawatir.

Tak hanya Kabupaten Gowa, sejak 6 Februari Tim terpadu telah berkeliling di beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

“Kami mulai dari Makassar ke Barru, Pare-Pare, Pinrang, Enrekang, Toraja, Palopo, Luwu utara, Masamba, Malili, Soroako dan kembali lagi ke Palopo Siwa, Wajo, Soppeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, Kajang, Tanete, bantaeng, Jeneponto, dan sampai disini di Malino,” rinci Natsir.

Natsir menitipkan harapan besarnya, semoga UKS akan tambah jaya kedepannya, dan dapat membangun karakter bangsa melalui kualitas pendidikan dan kesehatan.

Sebelumnya, Kabupaten Gowa sendiri mengikutkan empat sekolah di masing-nasing tingkatan, yakni SMAN 5 Gowa di Tinggomoncong, SMPN 4 Sungguminasa, SD Lambengi di Pallangga, dan TK Aisyah di Bajeng.(*)