SYL Disambut Ritual Marangeng-rangeng Bissu di HUT Pangkep

Sabtu, 24 Februari 2018 | 13:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Pangkep,Gosulsel.com – Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir pada puncak peringatan hari jadi (HUT) ke-58 Pangkajene Kepulauan (Pangkep) di Desa Batara, Kecamatan Labakkang, Pangkep, Sabtu (24/2/2018).

Pada HUT ini, SYL disambut dengan Marangeng-rangeng atau Maggiri dari Komunitas Bissu di Pangkep.  Para Bissu  berpakaian lengkap dan berdandan sedemikian rupa, berjalan sambil menari di depan Gubernur SYL, Kemudian menusukkan keris ke arah tubuh diikuti oleh ke enam Bissu yang lain. 

pt-vale-indonesia

Tarian Maggiri merupakan tarian yang unik dengan mempergunakan sebilah keris pusaka yang mengandung unsur mistis di dalamnya. Tari spiritual kaum Bissu yang sudah berusia ratusan tahun.

“Ritual ini merupakan penyambutan dan puji-pujian kepada Pemimpin terhormat, agar bisa menjalankan pemerintahan dengan baik,” sebut Bissu Eka. 

Selain itu juga SYL disambut ikrar Angngaru dan tarian-tarian tradisional yang menceritakan tentang pengantin baru dan kehidupan baru. 

Hari Jadi terbilang istimewa. Pusat peringatan ini dilakukan di halaman Rumah Sakit (RS) Pratama.

Adapun tema HUT tahun ini”Dengan Kolabirasi Kita Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pembangunan Desa Modern yang Produktif dan Berkarakter”.

Dalam acara itu juga dilakukan seremonial peresmian berbagai proyek, termasuk proyek air mancur yang ada di halaman Rujab Bupati Pangkep, begitu juga proyek RS Pratama hingga beberapa kegiatan yang meramaikan Hari Jadi.

Beberapa agenda sekaitan Hari Jadi Kabupaten Pangkep tahun ini diantaranya, Pameran/Ekpo : PruDes, OPD, Peresmian Proyek, Deklarasi Kabupaten Layak Anak & Ramah Disabilitas.

Pelayanan Terpadu AdminDuk, Pengobatan Gratis, Pasar Murah : CSR Perusahaan. Selain itu juga ada lomba-lomba game tradisisonal, malam ramahtamah dan musik tradisional, Seminar Jejak Ulama.(*)

 


BACA JUGA