Gubernur IPDN Sebut SYL Teladan Bagi Pamong Praja

Kamis, 01 Maret 2018 | 13:51 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menerima penghargaan tertinggi Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Astha Brata Madya Utama Pamong Praja, di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (1/3). Penghargaan diserahkan Gubernur IPDN, Prof Dr Ermaya Suradinata SH MH MS.
Mengenakan Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB), Syahrul tiba di Kampus IPDN, didampingi keluarga dan sejumlah pejabat Eselon II lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Sekedar diketahui, Astha Brata Madya Utama Pamong Praja merupakan yang pertama kalinya diberikan IPDN kepada Gubernur atau Kepala Daerah. Sebelumnya, IPDN hanya memberikan Astha Brata Madya Muda kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Gubernur Jawa Timur.
Gubernur IPDN, Prof Dr Ermaya Suradinata SH MH MS, mengatakan, dengan penyematan lencana Astha Brata Madya Utama Pamong Praja tersebut, maka Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo tercatat sebagai alumni pendididikan tinggi kepamongprajaan. Karena itu, ia berpesan agar Syahrul menjaga nama baik dan integritas dalam bertugas, serta memberi keteladanan motivasi bagi seluruh praja dan alumni IPDN.
“Kepada seluruh praja IPDN, saya ingin sampaikan, apa yang telah dilakukan Pak Syahrul Yasin Limpo sehingga IPDN memberikan penghargaan ini,” ujarnya.
Ia memaparkan, Syahrul merupakan putra terbaik Indonesia yang menerima Bintang Maha Putra Utama, penghargaan tertinggi di Indonesia, yang langsung diserahkan Presiden RI. Berhasil membawa Pemprov Sulsel meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak delapan kali berturut-turut.
“Jasa beliau sangat banyak. Beliau dipercaya rakyat untuk memimpin Sulawesi Selatan selama dua periode. Dengan prestasi beliau, hampir tidak ada di Indonesia gubernur seperti ini, sangat luar biasa,” tuturnya.
Menurutnya, Syahrul adalah contoh keteladaan bagi pamong. Karena itu, selaku Gubernur IPDN, ia mengundang Gubernur Sulsel memberikan ceramah umum.
“Beliau juga adalah Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia. Banyak kontribusi beliau untuk bangsa dan negara, termasuk di IPDN. Dan penghargaan ini untuk masyarakat Sulsel dan juga Bangsa Indonesia,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur IPDN juga menyampaikan salam dari Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo untuk Gubernur Sulsel. Dimana, penyerahan penghargaan itu juga merupakan hasil kajian dari Kementrian Dalam Negeri. (Mirsan)