Kemen PPPA Gelar Rakortek di Makassar, Ini Dibahas

Selasa, 10 April 2018 | 20:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA), kembali melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), di daerah 2018. 

Setelah sebelumnya dilaksankan di Jakarta pada tanggal 3-6 April 2018 lalu, kali ini Kemen PPPA bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan rangkaian Rakortek Percepatan Pelaksanaan PUG di Kota Makassar pada 9-12 April 2018 di hotel Novotel Makassar. 

Mengangkat tema ‘Kerja Bersama untuk Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam rangka Pembangunan PP dan PA di Daerah’, Rakortek ini diharapkan akan menghasilkan rekomendasi berupa kegiatan strategis sebagai bentuk solusi penguatan kelembagaan dalam upaya mendorong percepatan pelaksanaan PUG di daerah, 

Khususnya penguatan dan percepatan wilayah II yang meliputi seluruh provinsi di Sulawesi, Jawa Timur, Banten, Bali, NTB, NTT, Bali, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

“Penduduk perempuan di Indonesia masih cukup tertinggal dan mengalami kesenjangan khususnya dalam pembangunan dibanding laki-laki. Untuk itu, permasalahan pembangunan perlu dikelola secara profesional yang responsif gender yang menuntut semua aparatur pemerintah pusat dan pemerintah daerah, terlebih bagi Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di provinsi dan kabupaten untuk terlibat,” ujar Pribudiarta Nur Sitepu Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Selama Rakortek, ratusan peserta akan mengikuti sejumlah agenda diantaranya diskusi panel dan diskusi kelompok yang akan membahas tentang pemetaan dan sinkronisasi kegiatan penguatan kelembagaan PUG. (*)