Ini Terobosan Baru Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pallangga

Rabu, 11 April 2018 | 19:51 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, melalui Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Pallangga melakukan salah satu terobosan yakni pembekalan dan pelatihan kepada guru dan kepala sekolah dengan menggunakan aplikasi berbasisi IT.

Giat yang diikuti oleh puluhan peserta yang tergabung dari operator, guru, dan Kepsek yang mengelola perpustakaan berbasis IT tersebut berlangsung di Aula SD Inpress Tetebatu I Kecamatan Pallangga.

Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdik Gowa, Syafruddin Kulle mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan KKS yang dikoordinir Korwil Bidang Pendidikan Pallangga tersebut.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini memicu daya tarik dan memotivasi anak-anak untuk senang membaca dan senang berada di perpustakaan sekolahnya,” katanya. Rabu (11/4/2018).

Tak hanya itu, dengan adanya giat ini, kedepan para pengelola perpustakaan tidak kerepotan lagi melayani siswa atau murid yang meminta buku bacaan sebab pengelola sisa mengoperasikan aplikasi yang memuat katalog berisi judul, penerbit dan daftar pustakawan buku.

“Kita tinggal klik daftar buku yang dicari maka bisa didapatkan dengan mudah di etalasenya,” tambahnya.

Manfaat lain dari sistem IT selain katalog buku dan daftar pustakawan, juga dapat berupa bank data jumlah buku dan judul buku, yang kemudian sistemnya teratur sehingga memudahkan dalam pencarian buku yang diinginkan.

“Saya berharap peserta pelatihan ini dapat betul-betul mengikuti dan menimba ilmu sehingga aplikasi IT dalam pengelolaan perpustakaan ini bisa diadopsi dan diterapkan di perpustakaan sekolah masing-masing,” harapnya.

Terpisah, Korwil Bidang Pendidikam Kecamatan Pallangga, Siti Hadasiah mengatakan, hadirnya sistem aplikasi IT ini memudahkan pengelola untuk melayani khususnyapara murid

“Aplikasi literasi komputer ini mempermudah murid mencari buku yang diinginkan serta aplikasi ini mempermudah akses basis data koleksi buku yang dimiliki perpustakaan sekolah. Penggunaan aplikasi IT untuk perpustakaan sekolah ini merupakan bagian upaya Gowa menuju kabupaten pendidikan,” kata Hadasiah. (*)