Diskominfo Makassar Harap Seluruh SKPD Integrasikan Data

Jumat, 27 April 2018 | 02:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, Gosulsel.com – Guna mewujudkan kota “Smart City”, pelayanan berbasis digital perlu selalu dikembangkan. Salah satunya yaitu dengan mengintegrasikan data dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kecamatan, dan kelurahan di Kota Makassar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) kota Makassar, Ismail Hajiali, usai menghadiri kegiatan sosialisasi data elektronik SKPD di D’Maleo Hotel, Kamis (26/04/2018).

“Salah satu dari program yang ada di dalam sombere and smart city yaitu integrasi data seluruh SKPD karena kalau kita bicara soal kota cerdas, bukan hanya pelayanan yang langsung ke masyarakat secara person, kelompok, tapi data ini juga menjadi satu hal yang teramat penting,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan kemudahan akses data tersebut akan menunjukkan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Dikatakannya, dari 52 SKPD yang ada di kota Makassar. Hanya berkisar 60-70% SKPD yang telah mengintegrasikan datanya, bahkan sebagian masih berupa dokumen perencanaan.

“52 SKPD di dashboard, termasuk Sekwan belum. Sekitar 60-70% yang sudah, sekitar 20an yang sama sekali belum,” jelasnya.

Data tersebut akan dihimpun di dalam website opendata.makassar.go.id. Pada halaman website tersebut akan terlihat data dari seluruh SKPD di kota Makassar.

“Data ini yang menjadi fungsi dan tugas SKPD, contoh misalnya Sekwan paling tidak ada profil anggota dewannya, ketua, sampai komisinya. Aktifitas di dalam, misal paripurna. Mungkin ada update DPRD jadwalkan rapat paripurna. Itukan semua informasi,” tutupnya.(*)


BACA JUGA