MIWF 2018 Kembali Digelar, Hadirkan “Word Literature”

Senin, 30 April 2018 | 12:27 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com— Perhelatan penulis bertaraf intenasional di Makassar, Makassar International Writers Festival (MIWF) 2018 kembali digelar oleh Yayasan Rumahta’ Art Space untuk kedelapan kalinya semenjak dimulai pertama kali tahun 2011.

Masih memakai ruang situs benteng Fort Rotterdam sebagai pusat kegiatan, MIWF berlangsung 2 – 5 Mei 2018, dengan menghadirkan puluhan penulis baik dari Jakarta, dari Indonesia Timur dan penulis-penulis mancanegara.

pt-vale-indonesia

Tahun ini yang menarik di MIWF karena ada mata acara khusus “World Literature” menghadirkan pembicara dari Jepang, Jerman, Perancis, Singapura, Malaysia Australia, Inggris, Belanda, Amerika, dan Korea Selatan.

” Juga ada pertunjukan Monolog Cut Nyak Dien oleh Sha Ine Febriyanti dan kehadiran teater anak Australia Polyglot juga menjadi bagian penting kerjasama tahun ini. Tahun ini juga seniman Australia, Alana Hunt mengikuti program residensi untuk seniman sebagai bagian dari MIWF,” jelas Irma, public relation MIWF dalam keterangan rilisnya, Minggu 29 April 2018.

Penulis yang hadir tahun ini antara lain penyair Sapardi Djoko Damono, sastrawati Leila S. Chudori, kritikus sastra Melani Budianta, Ronny Agustinus, Duta Buku Nasional Najwa Shihab, pendiri Pustaka Bergerak Indonesia, Nirwan Ahmad Arsuka, aktivis bahasa Indonesia Ivan Lanin dan penulis muda Makassar Faisal Oddang dan Ibe S. Palogai serta enam penulis Indonesia Timur hasil seleksi, yang diundang khusus ke festival tahun ini: Alfian Dippahatang (Makassar), Eko Saputra Poceratu (Ambon), Mohamad Baihaqi (Mataram), Rachmat Hidayat Mustamin (Makassar), Riyana Rizki (Lombok Timur), Wika G. Wulandari (Tidore).

MIWF tahun ini didukung oleh principle partner Asia Centre Japan Foundation, sponsor utama The Body Shop Indonesia, Sustainable Suzy, Kedutaan Besar Norwegia, Konjen Australia Makassar, Yayasan Kalla dan Koalisi Seni Indonesia.(*)


BACA JUGA