Protes Bangun RPS, Siswa SMKN 3 Gowa Geruduk Sekolahnya

Senin, 10 September 2018 | 14:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Gegara pihak sekolah membongkar sejumlah bangunan vital dan akan membangun RPS (ruang praktek siswa) dalam kawasan sekolah akhirnya memicu aksi protes para siswa siswi di sekolah kejuruan yang terletak di Jl Masjid Raya Sungguminasa.

Aksi demo dengan membentangkan sejumlah spanduk berisi kalimat protes, Senin (10/9/2018) pukul 10.00Wita itu tidak terlalu ekstrem.

pt-vale-indonesia

Para siswa ini hanya sekadar membentang spanduk sebagai aksi protesnya terhadap sejumlah kebijakan sekolah yang dianggap melakukan pemborosan anggaran sebab bangunan yang utuh diratakan untuk membangun bangunan baru. Mereka memprotes adanya ruang RPS) yang dinilai malah merusak fasilitas sekolah lainnya.

Ilham, salah seorang siswa yabg juga sebagai korlap dari aksi ini mengatakan, ada lima RPS yang dibangun kepala sekolah dan dinilai merusak fasilitas sekolah lainnya.

“Ada lima ruang praktek mau dibangun kepala sekolah. Tapi itu ruang praktek dibangun diatas lahan fasilitas sekolah seperti mushala, taman sekolah dan jalan utama sekolah. Masa’ mushala dibongkar untuk jadi ruang praktek kan merusak,” katanya diantara teman-temannya.

Dalam aksi protes itu juga, para siswa ini menolak keputusan kepala sekolah Karnedy Bolong yang memindahkan ruang perpustakaan.

“Jauh dari ruang kelas sekarang. Masa jurusan alat berat ditutup dan jalan utama pulang juga ditutup ini kan membuat kami ribet,” katanya.

Karenanya, siswa siswi pun menuntut agar kepala sekolah diganti dan membatalkan pembangunan ruang praktek siswa.

Aksi ini sempat jadi perhatian pengendara yang melintas. Namun tidak menyebabkan kemacetan lantaran para siswa tetap tertib menyuarakan aspirasi.

Sementara itu Kepala SMKN 3 Gowa, Karnedy Bolong yang dikonfirmasi sekaitan aksi siswa ini mengatakan apa yang akan dibangun berdasarkan rencana pengembangan sekolah khususnya penambahan fasilitas RPS untuk siswa.(*)


BACA JUGA