Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Gowa Terima 257 Formasi CPNS, ada Tiga Kuota Untuk Difabel

Selasa, 11 September 2018 | 20:26 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, mencapai 257 formasi. Tiga kuota disiapkan khusus bagi kaum difabel. 

“Tiga formasi yang disiapkan bagi berkebutuhan khusus yakni, auditor pada inpektorat, satu analis kepegawaian pada BKPSDM dan satu Apoteker D3 pada RSUD Syekh Yusuf,” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, ketika dikonfirmasi, Selasa (11/9/2018). 

pt-vale-indonesia

Adnan mengatakan, ini sangat baik untuk memberdayakan penyandang disabilitas guna meningkatkan kemampuan dan mensejajterakan mereka. 

“Tersedianya kuota bagi difabel ini, merupakan amanat dari Permenpan No 36 tahun 2018, yakni tersedia 1 % dari total kuota. Sehingga jika total kuota 257 formasi, maka 2,6 atau dibulatkan menjadi 3 kuota,” ujarnya. 

Dia menuturkan, dari formasi 257 tersebut, formasi umum meliputi tenaga guru 85 orang, tenaga kesehatan 71 orang dan tenaga teknis 36 orang. Selain itu juga dibuka peluang bagi tenaga honorer (K2) dengan porsi 65 orang.

Sementara terkait kapan penerimaan dimulai, Bupati Adnan menyarankan konfirmasi ke Kepala BKPSDM Gowa, Muh Basir. 

“Soal teknisnya yang tahu adalah BKPSDM. Silakan hubungi,” kata bupati.

Kepala Sub Bidang Informasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gowa , Arham Rachmat mengatakan, awalnya Gowa mengirimkan usulan 1.007 formasi CPNS diawal tahun ini.

Tapi usulan itu diseleksi lagi oleh MenPAN yang merupakan usulan prioritas, seperti guru dan tenaga kesehatan.

“Rencananya masih ada beberapa formasi yang harus dilaporkan pada Kemenpan RB. Insha Allah akan diumumkan secara resmi,”katanya.

Sementara terkait honorer yang akan mengikuti tes CPNS, Arham juga mengatakan bisa tapi dengan syarat maksimal umur 35 tahun.(*). 


BACA JUGA