Bawaslu Temukan 118 Pemilih Ganda di Palopo

Kamis, 13 September 2018 | 23:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel menemukan 118 pemilih ganda di Kota Palopo. Pemilih ganda itu berdasarkan analisis data berdasarkan soft copy excel file dari KPU.

Olehnya, Bawaslu langsung memberikan rekomendasi kepada Panwaslu Palopo melakukan faktualisasi. Setelah proses faktualisasi, Panwaslu bersama KPU Palopo menemukan 70 yang betul-betul pemilih ganda.

“Kita temukan sebanyak 118 pemilih ganda di Kota Palopo. Kami sudah rekomendasikan ke panwas setempat untuk melakukan faktualisasi. Setelah diverifikasi yang terbukti betul-betul ganda secara faktual sebanyak 70 pemilih,” kata komisioner Bawaslu Sulsel, Amrayadi saat dikonfirmasi, Kamis (13/8/2018).

Temuan itu, lanjutnya, sudah dia rekomendasikan kepada KPU. Amrayadi mengatakan, rekomendasi itu juga sudah dieksekusi oleh KPU dan akan dirangkum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil perbaikan.

“Dan itu sudah dirangkum dalam DPT hasil perbaikan. Rekomendasi sudah dijalankan oleh KPU saat penetapan DPT hasil perbaikan,” tuturnya.(*)


BACA JUGA