Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pemprov Sulsel Lelang Ratusan Kendaraan Tua

Senin, 24 September 2018 | 14:20 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Intruksi Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah untuk melakukan efisiensi anggaran kendaraan dinas mulai dikerjakan Biro Pengelolaan Barang dan Aset. Dalam waktu dekat akan dilakukan lelang kendaraan. 

Lelang ini diperuntukkan bagi kendaraan tua dan sudah tak dipakai lagi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jumlahnya berdasarkan hasil inventarisasi awal mencapai ratusan unik. 

pt-vale-indonesia

Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Setda Sulsel Nurlina mengatakan pihaknya melalui Sekretaris Daerah telah bersurat ke setiap OPD agar segera melaporkan kendaraan yang tak dipakai lagi atau sudah rusak parah. 

“Kita minta OPD untuk mengembalikan kendaraan yang tak dipakai, apalagi yang usianya sudah di atas 7 tahun. Ada beberapa kendaraan yang memang sudah rusak parah dan bahkan tinggal rangka,” katanya, Senin (24/9/2018). 

Proses lelang, kata Nurlina dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar. Pasalnya, Pemprov Sulsel tak memiliki tenaga ahli atau organisasi yang menangani masalah pelelangan. 

Nurlina menyebutkan sejak dilakukan pencatatan aset kendaraan mulai tahun 1969, sampai sekarang belum pernah dilakukan lelang terbuka. Dengan adanya aturan PP nomor 84 tahun 2014, semua kendaraan harus melalui lelang untuk pemutihannya. 

Selama ini Pemprov hanya melakukan lelang terbatas atau dum kendaraan. Sementara kendaraan yang rusak parah atau tinggal rangka langsung dihapuskan. 

Data terakhir, jumlah kendaraan milik Pemprov Sulsel sebanyak 1.038 kendaraan roda empat dan 1.485 kendaraan roda dua. Ratusan diantaranya sudah rusak dan usianya di atas 7 tahun. 

“Kita usahakan sebelum akhir tahun, data kendaraan yang mau dilelang sudah ada. Ini juga bisa menjadi sumber pendapatan daerah dari hasil lelang kendaraan,” pungkasnya. (*) 


BACA JUGA