Cepat Tanggap, PMI Makassar Kerahkan 12 Relawan Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala

Sabtu, 29 September 2018 | 21:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Sebanyak 12 orang relawan PMI Kota Makassar diberangkatkan ke lokasi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, dengan menggunakan mobil ambulans dan armada Hyglun.

Sekretaris PMI Kota Makassar Nur Salam AS melepas langsung relawan tersebut, di Markas PMI Makassar, Jalan Kandea, Sabtu (29/9/2018).

pt-vale-indonesia

Relawan yang diberangkatkan pada tahap awal ini memiliki spesialis di bidang assessment dan pendataan, perawat, pertolongan pertama & evakuasi, shelter serta posko.

Menurut Sekretaris PMI Kota Makassar yang juga selaku pengarah Operasi Tanggap Darurat Bencana, Nur Salam AS menuturkan bahwa misi kemanusiaan ini atas arahan dan instruksi langsung dari Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal MI.

“Setelah mendengar bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, melalui via telepon Deng Ical langsung mengintruksikan kepada saya untuk segera mengirim relawan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana disana, apalagi menurut beliau ini menjadi tugas dan tanggung jawab PMI,” tutur bang Salam yang menirukan perkataan Ketua PMI Makassar.

Ia menambahkan, untuk tahap awal ini sebanyak 12 Relawan PMI dikirim ke Palu dan Donggala dengan dukungan dari PMI Pusat melalui Gudang Regional PMI di Makassar.

Selain itu, PMI Kota Makassar juga menyiagakan Personil Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar untuk mengantisipasi permintaan stok darah dari PMI Provinsi Sulawesi Tengah, dan juga menyiapkan personil tenaga donor yang sewaktu-waktu siap di mobilisasi ke lokasi bencana jika dibutuhkan. 

“Karena menurut Informasi, PMI dan UTD setempat Sulawesi Tengah juga terkena dampak akibat Gempa dan Tsunami. Untuk itu kami menyiagakan tim bantuan,” ungkapnya.

Untuk langkah berikutnya yang akan dilakukan oleh PMI Kota Makassar adalah mengidentifikasi dan menyiagakan relawan terlatihnya agar sewaktu-waktu siap di mobilisasi untuk tahap berikutnya diberangkatkan, serta mengaktifkan posko tanggap darurat bencana.

“Kami telah berkoordinasi dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan PMI Provinsi Sulawesi Tengah, PMI Pusat memberikan tanggung jawab kepada PMI Kota Makassar sebagai Koordinator Tim Relawan PMI pada Operasi Tanggap Darurat Bencana (Ops TDB) Gempa & Tsunami Palu & Donggala. Sebagaimana diketahui, pada Ops TDB ini, juga bergabung Relawan PMI Kab. Luwu,  Relawan PMI Kota Palopo, Relawan PMI Kab. Luwu Utara, dan Relawan PMI Kab. Luwu Timur, serta akan menyusul Relawan PMI dari Kab dan Kota lainnya,” lanjutnya.(*)


BACA JUGA