Gempa Bumi Dangkal 4,8 Magnitudo Landa Bulukumba, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

Minggu, 07 Oktober 2018 | 19:33 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Bulukumba, GoSulsel.Com — Warga Bulukumba sempat panik saat merasakan getaran gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Tenggara Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, MInggu (7/10/2018). Getaran dan guncangan bumi itu juga dirasakan di Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

Berdasarkan rilis dan hasil analisis BMKG menyebutkan gempa terjadi pada pukul 14:40 WITA dengan episenter 5.70 LS- 120.67 BT sekitar 59 km Barat laut terjadi di Tenggara Bulukumba Sulsel berkekuatan 4,8 magnitudo

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan berdasarkan prediksi dari kedalaman gempa, guncangan tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Bulukumba, Sulsel.

“Berdasakan laporan masyarakat juga bahwa dampak gempa bumi yang dirasakan di wilayah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI) tidak berdampak kerusakan,” ungkap Joharman dalam rilisnya.

Selain itu, kata Joharman, berdasarkan pengamatan hingga pukul 16.30 wita, sore tadi terjadi dua kali gempa susulan dengan kekuatan Magnitudo 2,5 SR pada 15:05 WITA dan magnitudi 4,4 SR pada pukul 15:39 WITA. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari BMKG.

Sementara Kepala BPBD Bulukumba Andi Akrim, menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BMKG Makassar. Namun hingga kini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa.

“Kami mengimbau masyarakat Bulukumba agar tetap tenang terhadap gempa tektonik yang baru saja terjadi. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak BMKG,” tulis Andi Akrim. (*)


BACA JUGA