Buka Pertemuan Lintas Sektor, Wawali Makassar Minta Peserta Cari Metode Penanggulan HIV & AIDS

Selasa, 09 Oktober 2018 | 19:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Persoalan HIV AIDS merupakan persoalan yang tak kunjung usai bahkan nyaris terlupakan untuk ditangani dengan serius, bahkan kini tidak lagi menjadi persoalan krusial bagi dunia internasional.

Wakil Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, saat membuka secara resmi pertemuan dan koordinasi lintas sektor, yang di gelar Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Makassar, di Hotel Jolin, Jl Pengayoman, Selasa (9/10) meminta kepada semua peserta pertemuan lintas sektoral untuk memikirkan metode dan model cara penanggulangan yang lebih tepat.

pt-vale-indonesia

“Pertemuan kali ini untuk menginternalisasi persoalan persoalan penanggulangan HIV dan AIDS yang dari tahun ke tahun belum memperlihatkan perubahan yang mendasar, bahkan semakin hari semakin menghawatirkan. Karena penyakit HIV dan AIDS ini bukan lagi ancaman orang dewasa tetapi juga sudah masuk di kalangan anak kecil,” kata Deng Ical.

Acara yang dihadiri sekitar 30 peserta yang terdiri dari perwakilan OPD terkait, LSM dan NGO, menyadari tantangan berat untuk berkontribusi dalam penanggulangannya.

“Disinilah pentingnya diadakan pertemuan agar dapat berbagi tugas dan tanggungjawab sesuai dengan tupoksi masing masing,” lanjut Deng Ical.

Cara paling efektif untuk menanggulangi penyebaran HIV dan AIDS adalah mengurangi lingkungan strategis peredarannya, dengan memperkuat kesadaran dan agama.

“HIV bukan sekedar aspek medisnya tetapi sudah sampai pada aspek aspek kultural bahkan bisa jadi peradaban,” ujar Deng Ical, yang juga Ketua Harian KPA Kota Makassar.(*)


BACA JUGA