Buka Festival F8, Gubernur Sulsel Akui Kreativitas Wali Kota Danny

Kamis, 11 Oktober 2018 | 10:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah (NA) hadir membuka Makassar Internasional Eight Festival and Forum (MIEFF) atau populer disebut Festival F8 tahun 2018 di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Rabu (10/10). 

Acara ini mengabungkan semua unsur kreativitas Makassar yang berakar kuat dalam budaya dan tradisi untuk menciptakan festival skala internasional.

Rangkaian acaranya diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pemutaran video Palu Bangkit Bersama Kita, tari tradisional dan penggalangan dana untuk donasi yang akan disalurkan ke korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi (Sulteng).

Sebelumnya, NA bersama Wali Kota Makassar serta para duta besar negara sahabat dan pemimpin daerah usai santap malam, berlayar menggunakan kapal pinisi dari kawasan Center Point of Indonesia (CPI) ke venue acara.

“Kita bisa hadir dalam sebuah event yang luar biasa, ini ketiga kalinya, kita berharap bisa meningkat,” kata Nurdin Abdullah.

Apresiasi Ia juga sampaikan pada Wali Kota Makassar karena telah antusias mempersiapkan acara dan sukses sejak awal pelaksanaan. Ini juga, sebutnya, telah menjadi event kebanggaan masyarakat Sulsel.

Di tahunnya ketiga telah masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia. Iapun berharap terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

“Saya yakin seni budaya kita dapat menjadi atraksi menarik dan kita harus berani mengangkat seni lokal agar dikenal secara internasional,” sebutnya.

Ia menyampaikan, walaupun dalam suasana duka, kegiatan ini hadir mengajak untuk tidak larut dalam duka, hal ini membuat masyarakat Sulteng semakin semangat untuk kembali menata hidupnya.

“Anak-anak kita sudah mulai sekolah dan bermain, tentu hal ini yang kita harapkan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dukungan luar biasa yang begitu besar atas kepedulian untuk masyarakat Sulteng dalam memberikan bantuan. Demikian juga Pemerintah Sulsel akan selalu memberikan dukungan dan bantuan.

“Walaupun masih dalam suasana duka, kita hadir, ini merupakan wujud doa kita, yang masih hidup semoga diberikan ketabahan dan yang meninggal kuburannya dijadikan taman-taman surga,” harapnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dalam sambutannya, menyebut F8 tidak hanya akan mengangkat budaya, tetapi bentuk persatuan untuk negeri.

“Baik untuk budaya, maupun kemanusiaan untuk saudara-saudara kita di Palu,” sebutnya.

Danny menyebutkan, F8 Makassar adalah akronim dari Film, Food and Fruit, Fashion, Fiction Writers and Font, Fine Arts, Folk, Fusion Music, Flora and Fauna.

“Enjoy Makassar, apa yang kita lakukan semoga menjadi keberkahan,” pungkasnya.

Ketua Pelaksana Calender of Event 2018 Esti Reko Astuti, menyampaikan sangat selektif dalam memasukkan dalam 100 kalender of event dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dan F8 merupakan salah satunya.

Pembukaan ini juga dihadiri 60 anak-anak pengungsi korban gempa dan tsunami Sulteng. Dan dihibur oleh artis Regina dan Once Mekel.(*)


BACA JUGA