FOTO: AG. KH Sanusi Baco menerima kunjungan calon ketua PMII Cabang Makassar/Rabu, 15 Maret 2017/IST

KH Ambo Dalle Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 16 Oktober 2018 | 12:45 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Nama KH Ambo Dalle sangat familiar di kalangan umat muslim Sulsel. Almarhum dikenal sebagai salah satu tokoh penting yang mencerdaskan masyarakat Sulsel di era sebelum kemerdekaan. Tentu melalui  DDI (Mangkoso) yang ia dirikan. 

Beliau juga merupakan guru spiritual para pejuang kemerdekaan Sulsel yang selalu menggelorakan semangat untuk mempertahankan kemerdekaan.

pt-vale-indonesia

Karena jasa-jasanya tersebut, anggota DPR RI Prof Hamka Haq saat melakukan silaturahmi dengan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Jumat (12/10) lalu untuk mengusulkan pendiri Darul Dakwah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, KH Andurahman Ambo Dalle sebagai pahlawan nasional. 

Usulan itu kata Hamka sangat tepat menjelang Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 Novembermendatang. Hamka mengusulkan nama KH Abdurahman Ambo Dalle, pemimpin dan pendiri Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, yang dinilai berjasa sebagai guru spiritual pada masa perebutan kemerdekaan.

”Menghadapi Hari Pahlawan Nasional ada tokoh yang kita usulkan, saya mengusulkan KH Abdurahman Ambo Dalle, pemimpin dan pendiri DDI, beliau mendirikan DDI tahun 1930,” paparnya.

“Beliau pendiri lembaga pendidikan Islam tertua dan terbesar di Sulsel. tetapi beliau juga turut memberikan andil secara tidak langsung bagi terbentuknya kelaskaran Sulsel,” sebutnya.

Bukan hanya mendirikan DDI, Ambo Dalle juga punya peran atas sepak terjang Mayjen (Purn) Andi Mattalata. Bahkan sebelum berangkat ke Jakarta bergabung dengan divisi-divisi laskar di Jawa, tokoh pejuang kemerdekaan itu lebih dulu meminta restu ke Ambo Dalle.

Lalu Andi Mattalata membentuk cabang TRI (Tentara Republik Indonesia) di Sulsel, yang didahului konferensi Pacceke, pada tahun 1947. Disini, Ambo Dalle juga berperan memberi dukungan spritual dan moril. “Saya kira dari segi itu punya andil besar,” pungkasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan usulan tersebut cukup penting untuk ditindaklanjuti.

“Usulan itu kita sambut baik. Tapi tentu saja ada prosesnya. Diseminarkan dulu, para tokoh ikut berbicara, kita dengarkan dulu para tokoh pelaku sejarah, nanti hasil kesimpulannya, rekomendasinya seperti apa,” ungkap Nurdin.

Namun secara pribadi, kata mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengatakan pada prinsipnya, KH Ambo Dalle merupakan tokoh sentral yang punya andil dalam memperjuangkan kemerdekaan di wilayah Sulsel. (*) 


BACA JUGA