Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

HUT Sulsel Digelar Sederhana dan Merakyat

Rabu, 17 Oktober 2018 | 18:45 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Perayaan HUT Sulawesi Selatan ke-349 di bawah kepemimpinan Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dipastikan digelar dalam bentuk sederhana tapi merakyat. Jauh berbeda tahun sebelumnya yang sangat spektakuler. 

Seperti diketahui di akhir masa jabatannya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo merayakan HUT ke-348 Sulsel dengan sangat meriah. Hampir semua OPD punya agenda yang dikema dalam program 1000. 

pt-vale-indonesia

Selain itu, sejumlah event besar juga mewarnai HUT Sulsel kala itu. Ada pesta kembang api meriah, carnaval budaya, berbagai pertandingan olah raga, dan masih banyak lagi.

Namun, tahun ini, jangan berharap akan ada perayaan spektakuler seperti tahun-tahun sebelumnya. Di usianya yang ke-349, Ulang Tahun Sulsel dirayakan lebih sederhana.

Ketua Panitia HUT Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo menjelaskan, hari jadi Sulsel hanya akan diisi dengan beberapa kegiatan. Konsep perayaan HUT Sulsel tahun ini akan mengedepankan efisiensi anggaran, sederhana, dan merakyat.

Yang paling inti adalah Rapat Paripurna di DPRD Sulsel yang dilaksanakan pada 19 Oktober besok, bertepatan dengan puncak HUT Sulsel. “Kalaupun ada beberapa kegiatan yang digelar OPD, itu merupakan rangkaian hari jadi. Kami tetap menghargainya,” ungkap Ashari.

Dia mengemukakan, perhelatan HUT Sulsel dikemas sederhana sebagai bentuk empati bagi masyarakat Palu yang baru saja ditimpa musibah gempa.

Selain Paripurna, Pemprov Sulsel juga menggelar zikir dan doa bersama yang dilaksanakan 12 Oktober lalu. “Selain mendoakan keselamatan Sulsel kita juga berdoa dan berzikir untuk masyarakat Palu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah sudah mewanti-wanti agar peringatan Hari Jadi Sulsel tahun ini dibuat lebih khidmat dan sederhana.

“Saya mau sampaikan, hari jadi itu kilas balik, kita mengevaluasi. Sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai. Sejauh mana kelemahan yang ada. Kalau saya itu maknn dari Hari Ulang Tahun,” ungkapnya.

Dia menekankan, peringatan Hari Jadi juga harus menjadi momen untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah berjasa kepada provinsi ini. 

Sebagai rangkaian HUT Sulsel, ada beberapa OPD yang menggelar kegiatan untuk menyemarakkan. Misalnya Fashion Karnaval oleh Dinas Perindustrian, Launching Samsat Mobile Banking oleh Badan Pendapatan Daerah, serta Festival Pelajar oleh Dinas Pendidikan.(*)


BACA JUGA