Wabup Bulukumba dan Anggota DPR RI, Andi Mariattang membicarakan kisruh antara warga dan PT Lonsum/Kamis, 25 Oktober 2018/Asmaun/Gosulsel.com
#

Anggota Komisi II DPR RI Janji Tuntaskan Kisruh Lahan Karet PT Lonsum

Kamis, 25 Oktober 2018 | 20:23 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Bulukumba, GoSulsel.com – Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto menerima kunjungan anggota Komisi II DPR RI Andi Mariattang di ruang kerjanya, Kamis (25/10/2018). Kunjungan anggota Fraksi PPP ini untuk membahas permasalahan PT Lonsum yang sudah berlangsung cukup lama, khususnya tuntutan warga untuk pengukuran ulang batas Hak Guna Usaha (HGU) PT Lonsum.

Andi Mariattang menyebut sejak dirinya berada di Komisi II DPR yang bermitra dengan Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Dalam Negeri, pihaknya langsung fokus mengawal sengketa lahan yang melibatkan warga, komunitas adat, dengan pihak PT Lonsum. Apalagi saat ini terjadi pendudukan kelompok warga di sekitar area perkebunan karet.

pt-vale-indonesia

“Ini (kasus Lonsum) bagian dari tanggungjawab saya di Komisi II untuk Dapil saya agar dikawal dan diperjuangkan sehingga permasalahan ini bisa segera tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu Wabup Tomy Satria yang didampingi oleh Asisten II Djunaedi Abdillah mengapresiasi upaya Andi Mariattang yang akan mengawal permasalahan PT Lonsum. Menurutnya upaya menyelesaikan kasus Lonsum sudah menemukan momentumnya dengan rencana perpanjangan kontrak PT Lonsum pada tahun 2023 mendatang.

“Saat ini Kemendagri sudah memfasilitasi upaya tersebut dengan melibatkan semua pihak. Salah satu poin hasil rapat di Kemendagri beberapa waktu lalu adalah tidak akan ada perpanjangan kontrak sebelum ada pengukuran ulang,” kata Tomy.

Dikatakan, Pemkab Bulukumba sudah mengirimkan nama ke Kemendagri untuk ditetapkan sambil menunggu terbentuknya Tim Kecil yang akan bekerja dalam setiap tahapan.

“Untuk itu diharapkan semua pihak dapat menghormati proses yang sudah berjalan. Kami juga meminta bantuan agar proses ini juga dikawal di DPR RI,” pinta Tomy.

Menanggapi pernyataan Tomy, Mariattang menyebut dirinya sudah menyampaikan langsung sengketa lahan Lonsum ini kepada Menteri ATR BPN Sopyan Djalil dalam rapat komisi beberapa waktu.(*)


BACA JUGA