PIP Makassar Lakukan Penyuluhan Keselamatan Pelayaran di Labuan Bajo

Minggu, 28 Oktober 2018 | 16:14 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Citizen Reporter

MAKASSAR,GOSULSEL— Guna memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat dosen Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar mengelar penyuluhan keselamatan pelayaran dan dasar-dasar permesinan di labuan bajo.

Penyuluhan ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat PIP Makassar untuk mendukung keselamatan pelayaran dan meningkatkan pelayanan di Labuan Bajo guna menyukseskan promosi Pulau Komodo sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia. Apalagi pulau Komodo termasuk salah satu dari new seven wonder atau keajaiban dunia berupa warisa Fauna yang masih bertahan dan diperkirakan masih berkerabat dengan hewan purba Dinosaurus sejak 40 juta tahun lalu.

pt-vale-indonesia

Pada penyuluhan ini Kepala KUPP Iwan Somantri, SE, MM juga meminta kepada PIP Makassar untuk dapat memfasilitasi sertifikasi ABK (BST KLM, SKK 60, Pelatihan Manajemen Krisis dan Pelatihan Manajemen Massa dan Perilaku Manusia) sebab, Pelayaran Rakyat ini juga digunakan untuk angkutan turis-turis di pulau-pulau wilayah sekitar Taman Nasional Komodo. Sementara Labuan Bajo sendiri merupakan gerbang pariwisata maritim menuju Taman Nasional Komodo yang meliputi Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Komodo, Pulau Banta, Pulau Motang, Pulau Sarai dan Pulau-pulau kecil di sekitarnya.

” Rencana akan kami tindak lanjuti terkait sertifikasi ABK karena daerah ini kan juga sebagai kawasan strategis pariwisata nasional dan sebagai destinasi prioritas dalam rangkan mendukung Annual meeting IMF – WB 2018 yang lalu,” Ungkap Capt. Oktavera S.(*)