Sekda Kabupaten Gowa meluncurkan program bantuan non tunai di Kecamatan Pattallassang, Kamis (1/11/2018)/IST

38.558 PKM di Gowa Terima Bantuan Non Tunai

Kamis, 01 November 2018 | 19:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Muchlis meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi keluarga penerima manfaat (KPM), di Kantor Camat Pattallassang, Kamis (1/11/2018).

Muchlis berujar, bantuan pangan ini dilakukan demi meningkatkan efektifitas dan ketepatsasaran program subsidi rastra.

pt-vale-indonesia

“Jika dulu bantuannya dalam bentuk beras langsung dikirim oleh bulog, maka sekarang kita ubdah dengan bantuan non tunai,” ujar Muchlis.

Sistem pemberian bantuan ini pun dilakukan dengan cara transfer melalui rekening ke masing-masing penerima bantuan.

“Jadi sekarang diberikan melalui rekening ke keluarga penerima manfaat dengan nilai bantuan Rp 110 Ribu setiap bulannya,” ungkapnya.

Sekda Kabupaten Gowa meluncurkan program bantuan non tunai di Kecamatan Pattallassang, Kamis (1/11/2018)/IST

Dirinya menjelaskan, nilai bantuan tersebut tidak bisa diuangkan, namun ditukar dengan beras atau telur melalui E-Warong atau agen yang telah disediakan yang bekerjasama dengan Bank BNI.

“Kita telah menyediakan 114 agen yang telah disebar di Gowa, caranya cukup mudah, bawah kartu ATM dan berikan kepada E-Warong, nanti dia akan mengecek saldo dan langsung bisa diberikan beras atau telur, akan adanya struk juga keluar supaya bisa dilihat berapa yang dibelanjakan,” jelas Muchlis.

Dia berharap, dengan adanya BPNT ini bisa memaksimalkan kualitas penerima manfaat, dan bisa berjalan dengan aman kondusif, serta membawa masyarakat Gowa lebih sejahtera dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Syamsuddin Bidol, mengungkapkan jumlah penerima bantuan ini sebanyak 38.558 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang terdiri dari 23.814 KPM PKH dan 14.744 PKM non PKH.

Sekda Kabupaten Gowa meluncurkan program bantuan non tunai di Kecamatan Pattallassang, Kamis (1/11/2018)/IST

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, setelah Pattallassang ini, maka akan diikuti oleh Kecamatan lainnya yakni Bontomarannu, Bontonompo, Bajeng Barat, Bontolempangan, Tinggimoncong, Parigi, Manuju, Parangloe, Tompobulu, Bungaya, Biringbulu, Tombolopao, Barombong, Pallangga, Bontonompo Selatan, Sombaopu dan Bajeng.

“Jadwal distribusi di setiap kecamatan disesuaikan dengan kesiapan agen/E-Warong,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA