Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Muhammad Fajar/IST

Job Fair Jadi Strategi Dispora Gowa Hadapi Bonus Demografi

Jumat, 09 November 2018 | 20:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bonus demografi yang akan melanda Indonesia diprediksi terjadi di tahun 2020 hingga tahun 2030. Hal ini menuntut persiapan dari berbagai pihak agar bisa tertangani dengan maksimal.

Bagaimana tidak, di tahun 2020 mendatang, 70% penduduk Indonesia adalah penduduk usia produktif yaitu usia 15-45 tahun, dimana didominasi oleh pemuda.

Menjadi pekerjaan besar mengurusi hal tersebut, terlebih mengurusi Pemuda dengan beragam potensi, namun juga beribu permasalahan dan tantangan.

Dinas Pemuda dan Olahraga sebagai instansi pemerintah utama dalam mengelola berbagai hal bernuansa pemuda sangat dinantikan perannya dalam hal ini.

Muhammad Fajar selaku Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga menyatakan kesiapannya dan menyadari bahwa perlu ada persiapan untuk menyiapkan generasi muda berkualitas, bermoral dan berkarakter.

“Terkait dengan bonus demografi, Kita harus siap. Ini tergantung bagaimana sikap semua pihak untuk menyiapkan generasi muda yang berkualitas, bermoral, berkarakter dan mampu menjadi generasi muda yang milenial menguasai teknologi,” kata Fajar.

Ditanya tentang strategi instansi mengahadapi bonus demografi, Job Fair menjadi salah satu yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa.

“Strategi Kita di Gowa, kita persiapkan generasi muda kita dengan pelatihan-pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelatihan kewirausahaan pemuda, kita bekali mereka dengan skiil yang mampu bersaing dengan dunia internasional, kita buka lapangan kerja bagi generasi muda dengan melakukan job fair. kita harus mampu menciptakan generasi yang siap bersaing dengan negara lain. Dan tentunya diberikan pembinaan karakter bangsa dan moral yang baik,” terangnya.

Di akhir, Ia menyampaikan harapannya terhadap Pemuda yang baru saja merayakan hari sakralnya yaitu Sumpah Pemuda. 

“Kita berharap dengan bertambahnya umur sumpah pemuda para pemuda mampu untuk memberikan peran yang besar di dalam membangun bangsa dan daerah sesuai temanya membangun indonesia satukan Indonesia,” harapnya.

Diketahui sebelumnya bahwa Gowa mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten layak pemuda tahun 2018.(*)


BACA JUGA