Wakil Bupati Gowa Inspektur Upacara Bendera yang Dirangkaikan Hari Kesehatan Nasional & Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Kapuskesmas Kec.Tinggimoncong di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (12/11/2018)/Ryand Syahputra/Gosulsel.com

Wabup Gowa Jadi Irup Pada Peringatan HKN Ke-54

Senin, 12 November 2018 | 09:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)  Ke-54, di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (12/11/2018).

Peringatan HKN kali ini mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dengan Sub tema ” Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema ini sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang memekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.

pt-vale-indonesia

Wabup Gowa dalam sambutan seragam Menteri Kesehatan RI mengatakan peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventive tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

“Pola hidup inilah yang kita tekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri kita sendiri sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat,” jelasnya.

Tak hanya itu, peringatan Hari kesehatan nasional ke -54 yang bertepatan dengan 4 tahun kepemimpinan Jokowi-Jk, patut di syukuri karena berbagai program kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik.

“Hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil -hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan,” katanya.

Selain keberhasilan, lanjut Wabup Gowa, kita juga masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia, yakni,asih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular.

“Inilah yang menjadi tanggung jawab kita bersama para Kepala Dinas, Kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah dan terus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif,” ujar Wabup di hadapan seluruh tenaga kesehatan yang hadir. 

Dikesempatan ini pula, Wabup Gowa menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepada Kepala Puskesmas Tinggimoncong, Muh Arifuddin yang meraih Juara II tingkat Nasional Kategori Pembina Unit Kesehatan Sekolah.(*)