Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad.

Bawaslu Sebut Ribuan Orang yang Sudah Meninggal Masuk DPT

Selasa, 13 November 2018 | 08:46 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel menemukan banyak masyarakat yang sudah meninggal masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini disampaikan oleh komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad.

Hanya saja, dia tidak menyebutkan jumlahnya secara rinci. Yang pasti, ada sekitar ribuan DPT yang daftar pemilihnya dinyatakan sudah meninggal.

pt-vale-indonesia

“Ada. di DPT kita banyak, ribuan bahkan yang sudah meninggal masuk lagi di DPT,” Kata Syaiful Jidah, Selasa (13/11/2018).

Olehnya, pihaknya mendorong untuk melakukan bersih-bersih DPT, yakni melakukan koordinasi dengan KPU dan pemerintah dalam hal ini Dinas Dukcapil.

“Itu yang mau kita bersihkan semua. Supaya jangan lagi ada data yang semestinya masuk tidak terdaftar di DPT,” kata dia.

Dia menuturkan, DPT harus benar-benar bersih, karena jika di DPT bermasalah, berpotensi menjadi pintu masuk untuk melakukan kecurangan Pemilu.

“Karena itu yang menjadi pintu masuk kalau DPT ini tidak bersih, atau meragukan, itu menjadi pintu masuk orang membuat hak hasil pemilihan,” tandasnya.(*)


BACA JUGA