Ashari Fakhsirie Radjamilo

Pemprov Sulsel Target Penghargaan APE Kategori Utama

Selasa, 13 November 2018 | 16:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) di Sulawesi Selatan untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender mengalami peningkatan. Ini bisa dilihat dari 15 kabupaten-kota yang lolos verifikasi untuk memperoleh penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

pt-vale-indonesia

15 daerah yang berhasil melewati passing grade dan berpeluang memperoleh penghargaan APE adalah Kota Makassar dan Parepare, Kabupaten Maros, Pangkep, Sidrap, Bone, Sinjai, Soppeng, Wajo, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Penjabat Sekretaris Daerah Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan Pemprov Sulsel sendiri sudah tiga tahun menerima penghargaan APE kategori mentor. Tahun ini, pihaknya menargetkan menerima penghargaan kategori Utama.

“Dalam waktu lima tahun terakhir, sejak 2013-2017 capaian IPG (Indeks Pembangunan Gender) dan IDG (Indeks Pemberdayaan Gender (IGD) meningkatkan. Tahun 2017 lalu, IPG berada pada angka 92,84 dan IDG pada 70,57,” katanya dalam rapat verifikasi data dan evaluasi PUG, Selasa (13/11/2018).

Ashari menyebutkan ada 7 prasyarat penguatan kelembagaan PUG. Mulai dari komitmen dan kebijakan, perencanaan dan penganggaran, kelembagaan, sumber daya manusia, ketersediaan data gender dan anak, metode dan tools, serta peran serta masyarakat.

“Kita sudah memiliki Perda PUG saat telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Gubernur. Selain itu persentase OPD yang telah mengintegrasikan isu gender dalam penyusunan renstra OPD telah mencapai 100 persen,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA