Angkat Kesenian Tradisi Sulsel, Dua Dosen UNM Raih Doktor Cum Laude

Jumat, 16 November 2018 | 18:26 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Citizen Reporter

SEMARANG, GOSULSEL.COM — Dua dosen Universitas Negeri Makassar, Dr. Asia Ramli, M. Pd., dan Dr. Arifin Manggau, M.Pd., diumumkan sebagai Wisudawan Terbaik dari 253 wisudawan Pasca Sarjana dan dari 2500 wisudawan S1 Universitas Negeri Semarang (UNNES) periode IV Tahun 2018.

Asia Ramli Prapanca adalah seorang guru SMKN Galesong Selatan, penyair, sutradara teater, ia juga sebagai dosen luar biasa FSD UNM, dan dosen luar biasa ISBI Sulsel embrio ISI Surakarta.

pt-vale-indonesia

Ram, sapaannya, menempuh kuliah pada program studi pendidikan seni tingkat doktoral pasca sarjana UNNES selama tiga tahun dua bulan.

Atas keberhasilan mempertahankan disertasinya berjudul “Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuleng: Bentuk Representasi Identitas, Nilai dan Fungsi Sosiokultural pada Masyarakat Pesisir Bugis Makassar”, Ram memeroleh IPK 4.0 dengan predikat “cum laude”.

Sebelumnya, tahun 2017, Ram memperoleh penghargaan sebagai Maestro Teater oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam program siswa belajar bersama maestro (BBM).

Sementara Arifin Manggau, salah satu dosen FIP UNM. Iping nama sapaannya adalah pencipta lagu mars Sulsel. Iping menempuh kuliah pada pendidikan seni tingkat doktoral di UNNES selama tiga tahun dua bulan dengan IPK 4.0 dan predikat “cum laude” serta gelar wisudawan terbaik. Disertasinya mengenai “Jabelale”: Nyanyian Ritual Pengantar Tidur pada Masyarakat Bugis.

Keduanya menambah deretan orang-orang sukses pada civitas akademika UNM.(*)


BACA JUGA