Potret proses belajar mengajar di masa awal kemerdekaan/Internet

Begini Sejarah Hari Guru Nasional Ditetapkan 25 November

Selasa, 20 November 2018 | 06:03 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Hari Guru Nasional pada tanggal 25 November yang diperingati setiap tahun, ternyata telah dicetuskan mulai tahun 1994 berdasar keputusan presiden RI, Soeharto yang menjabat kala itu melalui Kepres  Nomor 78 Tahun 1994 dan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Hari Guru Nasional juga diperingati bersamaan dengan ulang tahun PGRI.

Walaupun telah diperingati sejak lama, tapi Hari Guru Nasional jarang dirayakan dengan kegiatan-kegiatan meriah, meski termasuk dalam hari nasional.

Sekadar diketahui, gerakan dan persatuan para guru Indonesia sebenarnya telah ada sejak zaman kolonial Hindia Belanda. Saat itu, persatuan guru bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada tahun 1912. Anggota persatuan ini berisikan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah lainnya.

Pada tahun 1932, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) yang secara tidak langsung memproklamirkan semangat kedaulatan negara Indonesia, bahkan sebelum proklamasi di tahun 1945.

Persitiwa besar bagi guru Indonesia terjadi pada tanggal 24-25 Novmber 1945, dua bulan setelah proklamasi kemerdekaan. Saat itu diadakan kongres guru Indonesia pertama kalinya.

Dalam kongres itu pula, dicetuskan nama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini juga tercantum di situs resmi PGRI. Peringatan Hari Guru Nasional tanggal 25 November dilakukan untuk mengenang dan menghargai perjuangan serta pengabdian guru Indonesia.(*)

 


BACA JUGA