Bupati Bantaeng saat menghadiri pertemuan Kompak di Hotel Ahriani, Bantaeng, Kamis (22/11/2018).
#

Bupati Bantaeng Dorong Perempuan dan Pemuda Genjot Ekonomi Kerakyatan

Kamis, 22 November 2018 | 16:23 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Bupati Bantaeng, Ilham Azikin memberi porsi sebesar-besarnya bagi pemuda dan perempuan untuk berperan aktif mendorong pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis Dusun dan RW.

Visi Bupati muda itu sejalan dengan program kemitraan antara pemerintah Australia-Indonesia bernama Kompak. Dimana program dukungan pemerintah Australia ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara mandiri.

pt-vale-indonesia

“Ini sejalan dengan program-program unggulan Pemkab Bantaeng,” jelas perwakilan Kedutaan Australia di Indonesia Sitti Fitriani saat membuka pertemuan Kompak di Hotel Ahriani, Bantaeng, Kamis (22/11/2018).

Kompak, jelasnya, menyasar peningkatan ekonomi lokal dengan upaya optimalisasi sumber daya yang ada di setiap dusun dan RW.

Realisasi program Kompak dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng tersebut, telah memasuki tahap awal. Tim Kompak sudah melakukan riset komoditas unggulan yang ada di Bantaeng.

Bupati Bantaeng saat menghadiri pertemuan Kompak di Hotel Ahriani, Bantaeng, Kamis (22/11/2018).

Terkait pemuda dan perempuan yang menjadi lokomotif penggerak program Kompak, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin berujar, pemuda dan perempuan adalah segmen yang paling tepat untuk mendorong percepatan ekonomi berbasis dusun dan RW.

Selain itu, pihaknya sedang membuat formulasi agar satuan kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng lebih banyak melibatkan peran aktif masyarakat.

“Kami sedang merancang RPJMD ini untuk mensinergikan semua OPD demi mendorong percepatan ekonomi berbasis pelibatan masyarakat,” jelas dia.

Dia berharap, Kompak dan kedutaan Australia untuk Indonesia bisa melakukan supervisi terhadap Pemkab Bantaeng. Supervisi ini bisa terus dilakukan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Kita berharap Kompak bisa bersinergi dengan pemerintah dan memberikan advice untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di Bantaeng,” jelas dia.(*)


BACA JUGA