Viah Oktaviana Hasanah
#

Open Mindset, Strategi Caleg Perempuan PSI Tepis Masalah Gender

Jumat, 23 November 2018 | 14:13 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -Pesta demokrasi pemilihan calon anggota legislatif (Pileg) di Indonesia mewajibakan seluruh partai politik untuk melibatkan minimal 30 persen figur perempuan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program kesetaraan gender yang belakangan ini terus disuarakan, khususnya kaum perempuan.

Meski begitu, pada Pileg kali ini, dominan kaum laki-laki seolah tetap tidak bisa dihindari.

Lantas apa yang menjadi strategi Caleg perempuan PSI, Viah Oktaviana Hasanah dalam meretas mindset tersebut?

Caleg DPRD Kota Makassar Dapil II, meliputi Kecamatan Bonto Ala, Tallo, Ujung Tanah, Sangkarrang dan Wajo ini secara gamblang mengatakan, salah satu strategi yang tepat adalah open mindset.

“Strategi open mindset yakni mencoba untuk meretas kekakuan pemikiran dari kaum perempuan bahwasanya panggung politik hanya dibuat serta diperuntukkan bagi kaum lelaki,” kata Viah saat berbincang dengan GoSulsel.com, Jumat (23/11/2018).

Hanya memang, perlu keterlibatan semua kalangan yang berkepentingan untuk membuka pemikiran khalayak banyak. Hal ini tentu membutuhkan kerja keras.

“Peningkatan persentase perempuan di parlemen memiliki peluang cukup besar. Atas dasar hal tersebut, selama masa kampanye caleg perempuan tentunya harus memiliki strategi tepat untuk bisa meraih pemilih untuk menghadapi Pemilu 2019,” tandasnya.(*)


BACA JUGA