Sejumlah pekerja proyek Jalan Tol Layang Makassar memberi aba-aba saat  memasukkan kerangka besi cor pencanangan tiang di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Minggu (25/11/2018)

Sering Stres Terjebak Macet Picu Gangguan Jiwa

Senin, 26 November 2018 | 01:50 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar Indonesia disebakan banyak hal; dari penyalahgunaan badan jalan, pengerjaan proyek jalan raya, hingga, tentu saja penyebab utama ialah volume kendaraan yang makin meroket.

Dampak kemacetan selain menguras waktu, ternyata terjebak kemacetan berulang-ulang juga berpengaruh buruk pada stabilitas kejiwaan.

Susan Charles, guru besar bidang Psikologi dan Perilaku Sosial dalam jurnal Psychological Science menjelaskan, kekesalan yang dirasakan setiap terjebak macet, dapat menumpuk dan memicu masalah kejiwaan.

Susan berujar, “Bagaimana kita mengatur emosi dalam menghadapi masalah sehari-hari berpengaruh pada kesehatan jiwa kita,” jelas Susan.

Kemacetan, dalam pandangan Susan adalah salah satu masalah yang sering dianggap sepele namun ternyata dapat berimplikasi pada kondisi mental masyarakat, bila tidak dihadapi dengan benar.

Karena itu, Susan menyarankan agar setiap orang belajar bersabar dan mengelola stres dengan baik.

Ia mengatakan agar masyarakat jangan membiarkan persoalan sepele merusak perasaan, demikian dikutip Daily Mail.(*)