ilustrasi sakit/Internet

Jaga Kesehatan, 5 Penyakit Ini Sering Menyerang di Musim Hujan

Selasa, 27 November 2018 | 06:12 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Berbagai penyakit bisa datang menghinggapi tubuh saat musim hujan datang. Berbagai jenis mikroba dan virus bisa berkembang biak pada musim hujan. Terlebih bila daya tahan tubuh seseorang menurun, maka tubuh jadi rentan terserang penyakit.

Sebaiknya Anda kenali penyakit yang kerap menyerang saat musim hujan agar Anda dapat terhindar dari resiko penularannya. Berikut beberapa penyakit umum yang sering menyerang tubuh manusia saat musim hujan datang.

pt-vale-indonesia

Diare

Penyakit diare ditandai dengan mencairnya kotoran atau feses manusia, yang dikeluarkan dalam frekuensi buang air besar lebih sering dari biasanya. Bakteri penyebab diare paling umum adalah rotavirus, E.Coli, Cryptosporidium, dan lainnya. Penyakit diare tidak boleh dianggap sepele. Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Demam Tifoid atau Tipes

Penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi atau Salmonella paratyphi adalah infeksi menular. Bakteri penyebab tipes menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Demam Berdarah Dengue

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular musim hujan yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Karena terkadang menyebabkan nyeri pada sendi dan otot, DBD juga sering disebut penyakit “Break Bone”

Malaria

Penyakit malaria merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Pada musim hujan, penularan penyakit ini sering meningkat. Bila tidak ditangani dengan benar, penyakit malaria dapat mengancan nyawa seseorang.

Leptospirosis

Penyakit Leptospirosis merupakan infeksi yang disebabkan bakteri berbentuk spiral yang disebut Leptospira interrogans. Penyakit musim hujan ini sering menjangkiti masyarakat Indonesia pada saat musim hujan. Leptospirosis juga dikenal dengan nama penyakit “kencing tikus”.

Seseorang bisa terjangkit penyakit ini karena menyentuh tanah, air, atau tanah basah, dan tanaman yang terkontaminasi oleh urine hewan yang terinfeksi.

Tips Mengatasi Penyakit Musim Hujan

Bila Anda mengalami penyakit musim hujan, kebutuhan cairan dalam tubuh akan meningkat. Aplagi bila Anda merasakan demam, muntah-muntah, dan diare.

Oleh karena itu, pada orang dewasa yang mengalami penyakit musim hujan di atas,disarankan tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh berkisar 2-2,5 liter per hari.

Cairan tubuh manusia tidak hanya mengandung air , akan tetapi juga ion. Menjaga keseimbangan ion dalam tubuh sangat penting agar metabolisme tubuh tetap optimal.

Terakhir, untuk menghindari segala macam penyakit musim hujan, sebaiknya Anda menghindari makanan yang terkontaminasi, serta upayakan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas.(*)


BACA JUGA