Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni sidak tambang di Parangloe, Gowa, Rabu (28/11/2018)

Sidak Tambang di Gowa, Wabup “Warning” Pengusaha Tak Manipulasi Surat Izin

Rabu, 28 November 2018 | 21:04 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni beri peringatan keras kepada para pengusaha tambang di Gowa. Rauf menegaskan agar pengusaha tidak mengelabui pemerintah dengan memberikan laporan palsu terkait izin tambang yang dipegangnya. Penambang harus tertib administrasi.

Wabup yang memimpin langsung pemantauan aktivitas penambangan di wilayah timur Gowa ini meminta, seluruh penambang yang sudah memiliki izin namun izinnya sudah jatuh tempo maka harus segera memperbaharuinya.

Wabup juga mengimbau agar para pengusaha tambang tidak hanya menperlihatkan dokumen izin copyan tapi dokumen izin asli.

“Pengusaha jangan coba-coba kelabui pemerintah dengan hanya memperlihatkan copyan dokumen izinnya. Perlihatkan yang asli agar sewaktu-waktu jika ada pemeriksaan izinnya tidak diragukan lagi,” tandas Wabup Abd Rauf Malaganni saat mendatangi area proyek penambangan di Dusun Tombongi, Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe yang merupakan milik PT Cipta Beton Sinar Perkasa ini, Rabu (28/11/2018).

Selain di Tombongi, Wabup Gowa bersama Tim Penertiban Tambang Tanpa Izin (PeTI) Gowa yang terdiri dari gabungan Satpol PP, Polres dan Kodim 1409 ini juga mendatangi area penambangan pasir dan batu kali di Desa Borisallo milik PT Catur Sakti Perkasa yang merupakan milik Mudji Waluyo.

Di area ini, Tim PeTI mendapatkan penjelasan dari salah seorang pengawas tambang PT Catur Sakti Perkasa Idris Dg Ngola. “Iye, kami punya izin dan baru diperbaharui,” jelas Idris Dg Ngola.

Dari sejumlah area tambang yang dikunjungi semuanya memiliki izin resmi.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Gowa menegaskan agar seluruh pengusaha tambang tertib dalam perizinan. Ini upaya preventif pemerintah untuk mencegah tidak adanya tambang-tambang ilegal di Gowa. Jadi Tim PeTI turun untuk lalukan warning agar pihak penambang juga paham aturan,” jelas wabup.

Dalam pemantauan langsung di lapangan, Wabup Abd Rauf Malaganni bersama Kasat Pol PP Alimuddin Tiro, Kasat Sabhara Polres Gowa AKP Al Habsy dan Kabag Humas Kerjasama Gowa Abdullah Sirajuddin.(*)