Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengadakan kursus singkat Pemilu di Aula KPU Kota Makassar, Rabu (28/11/2018).

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Makassar Gencar Sosialisasi

Kamis, 29 November 2018 | 09:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar terus berupaya agar partisipasi pemilih pada Pemilu tahun 2019 bisa meningkat. Olehnya, KPU Makassar massif menggelar sosialisasi, salah satunya adalah kursus singkat Pemilu yang digelar di Aula KPU Kota Makassar, kemarin.

Sebanyak 45 orang yang tergabung dari tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang tersebar di 15 Kecamatan se Kota Makassar ikut dalam kursus singkat Pemilu yang diinisiasi oleh KPU.

Komisioner KPU Makassar, Andi Saifuddin yang hadir memberikan materi dalam kegiatan itu mengatakan, sebagi wujud tindak lanjut, peserta kursus pemilu berkomitmen membangun komunikasi dengan semua stakeholder Pemilu.

Dimana diawali dengan membentuk wadah berhimpun untuk menggaungkan komitmen tentang penting dan mahalnya partisipasi dalam pemilu.

“Tentu ini penting, mengingat tingkat partisipasi Pemilu khususnya di kota Makassar masih rendah dari target 78% tingkat partisipasi secara nasional,” kata Andi Saifuddin, Kamis (29/11/2018).

Untuk diketahui, Pemilu tahun 2014 yang lalu partisipasi pemilih hanya 62 % sedang di pilwali terakhir turun diangka 58,98 %. Andi Saifuddin tidak menepis bahwa hal tersebut menjadi alasan KPU gencar melakukan sosialisasi.

“Inilah alasan mengapa KPU Makassar genjar melakukan sosialisasi dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Meskipun KPU sadar bahwa tanggungjawab ini tidak boleh dibebankan ke penyelenggara semata, karena pemerintah dan partai politik juga punya tugas dan tanggungjawab yang sama,” tandasnya.(*)


BACA JUGA