Rapat paripurna DPRD Bantaeng menetapkan APBD Bantaeng 2019, Jumat (31/11/2018)(

Surplus Rp 4 Miliar, Enam Fraksi Setujui APBD Bantaeng 2019

Sabtu, 01 Desember 2018 | 15:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Enam fraksi di DPRD Bantaeng menyetujui penetapan APBD 2019 pada rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi yang dipimpin Ketua DPRD H. Abd Rahman Tompo dan dihadiri Bupati Bantaeng Ilham Azikin,  di ruang paripurna DPRD Bantaeng, Jum’at (30/11) malam.

Pada paripurna tersebut sejumlah catatan yang menjadi penekanan masing-masing fraksi agar menjadi perhatian kedepan, terutama terkait optimalisasi program dan kegiatan yang tertuang dalam visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng Periode 2018-2023.

“Kami merekomendasikan agar Pemerintah mengidentifikasi objek pajak yang baru untuk memaksimalkan target yang direncanakan”, tutur Alim Bahri dari fraksi amanat Penegak Demokrasi.

Sementara Suardi, juru bicara dari fraksi PKS berharap agar destinasi wisata di Bantaeng lebih diperhatikan dan ditingkatkan baik sarana maupun prasarana pendukungnya seperti, permandian alam Eremerasa.

“Kami meminta Dinas Pariwisata melengkapi setiap objek wisata dilengkapi dengan Mushallah serta wahana yang lebih modern seperti waterboom agar lebih memikat pengunjung,” kata Suwardi.

Dalam APBD Bantaeng 2019 ditargetkan untuk pendapatan sebesar Rp. 1,016 triliun lebih sedangkan belanja ditargetkan Rp. 1,012 triliun lebih. Dengan begitu APBD mengalami surplus sekitar mencapai Rp. 4 miliar  yang akan dijadikan dana penyertaan modal pada PDAM Bantaeng.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas peran aktif seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama segenap Pimpinan dan Anggota DPRD membahas Ranperda menjadi perda APBD.

Tentunya  dalam implementasinya ke depan dapat memenuhi harapan seluruh masyarakat daerah ini. “Kita sudah perlihatkan akselerasi atas komitmen bersama mengoptimalkan kinerja Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat Bantaeng yang sejahtera,” ujarnya.

Ilham juga mengapresiasi terkait  rekomendasi dan catatan enam fraksi DPRD. Bupati Bantaeng mengaku bangga dan terima kasihnya karena itu  hal menjadi bagian tak terpisahkan dari tubuh APBD untuk dijabarkan tiap OPD.(*)