Direktur Epicentrum Politica (EP), Iin Fitiriani
#

Perilaku Pemilih Pilpres di Sulsel, Sosmed Pengaruhi Preferensi Pemilih

Rabu, 05 Desember 2018 | 15:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Lembaga survei dan konsultan politik Epicentrum Politica telah melakukan survei perilaku pemilih jelang pemilihan calon presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2018 mendatang.

Direktur EP, Iin Fitiriani mengatakan, perilaku pemilih di Sulsel secara keseluruhan tidak jauh beda dengan kondisi nasional. 

pt-vale-indonesia

“Dimana pemberitaan dinamika persaingan calon di sosmed lebih mempengaruhi preferensi pemilih dibandingkan pemberitaan lewat media internet, seperti portal online maupun media cetak dan elektronik,” kata Iin, Rabu (5/12/2018).

Hanya memang ada pergeseran perilaku pemilih di Sulsel, tidak seperti di pulau Jawa, bahwa isu sara dan agama mempengaruhi perilaku pemilih.

“Namun berkaca pada Pilkada 2018, soal sara dan agama tidak terlalu mempengaruhi pemilih Sulsel, tidak seperti di wilayah Jawa,” kata dia.

Dia menyarankan, kedua calon dan tim harus menyadari pergeseran perilaku pemilih untuk menggaet simpati. Apalagi pada isu-isu yang lumayan menonjol.

“Para calon dan team harus menyadari pergeseran perilaku ini, karena itu lumayan menonjol. Jadi langkah yang harus dilakukan terletak pada kelihaian meramu strategi dalam kemasan yang bernilai jual seefektif mungkin,” ungkapnya.

Hal ini mesti dilakukan selama masa kampanye masih berlangsung. Tidak hanya itu saja, framing opini dan wacana lewat media sosial juga sangat berpengaruh.

“Cyber team juga harus dimaksimalkan untuk menangkal pengaruh calon terkena back campaign atau negatif campaign di sosmed,” tandasnya.(*)


BACA JUGA