Banyak Legislator DPRD Sulsel Malas Hadir Rapat, Kopel Sebut Titik Awal Korupsi

Senin, 10 Desember 2018 | 23:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kehadiran anggota DPRD Sulsel pada rapat paripurna jelang Pileg terbilang rendah, bahkan kehadiran para wakil rakyat ada yang hanya datang sekali hingga dua kali dalam enam kali rapat paripurna yang digelar.

Itu merujuk dalam daftar absensi Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulawesi Selatan. Dalam absensi tersebut, ketidakhadiran dibagi dalam tiga kategori, yakni izin, sakit, dan berada di luar.

pt-vale-indonesia

Direktur Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulsel, Musaddaq yang dikonfirmasi berkaitan hal tersebut mengatakan, perilaku malas anggota dewan dalam mengikuti rapat-rapat paripurna atau alat kelengkapan lainnya sudah seharusnya dipublikasaikan sebagaimana yang telah dilakukan oleh badan kehormatan DPRD Sulsel sebelumnya.

“Perilaku malas rapat ini sebetulnya merupakan titik awal korupsi di legislatif, karena mereka sudah mengabaikan tugas dan fungsinya yang telah dimandatkan oleh rakyat,” kata Musaddaq, Senin (10/12/2018).

Pihaknya mendesak, BK agar segera merilis anggota dewan malas di momentum akhir tahun. Apalagi jelang Pileg 2019.

“Ini agar publik dapat referensi terhadap anggata dewan malas sehingga kedepan mereka yang malas itu tidak dipilih kembali,” kata dia.

Halaman:

BACA JUGA