Jarang Hadir Rapat Paripurna, Ini Nama-Nama Legislator ‘Malas’ DPRD Sulsel

Selasa, 11 Desember 2018 | 00:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM —  Anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulsel, Muslim Salam bereaksi atas banyaknya wakil rakyat memiliki tingkat kehadiran rendah. Muslim yang juga legislator Nasdem ini bahkan mempersilahkan wartawan untuk melihat datanya di ruang BK.

“Datanya ada. Silahkan minta di ruang BK,” ujar Muslim yang juga Ketua Fraksi Nasdem DPRD Sulsel ini.

Berdasarkan data BK yang diperoleh wartawan, Jumat 7 Desember 2018 kemarin, tak hanya anggota dewan, namun dua wakil ketua DPRD Sulsel yang memiliki daftar kehadiran cukup rendah yakni Ashabul Kahfi dan Syaharuddin Alrif.

Sementara berdasarkan fraksi yang memiliki daftar kehadiran cukup rendah yaitu Sofyan Syam, Andi Zunnun Halid dan Armin Mustamin Toputiri dari Fraksi Golkar, Ina Nusyamsina Aroepala, Syahrir dan Andi Irwan Patawari dari Fraksi Demokrat, Erna Amin, Rusdin Tabi dan Anas Hasan dari Gerindra, Syamsuddin Karlos, Husmaruddin dan Andi Jamaluddin Jafar dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) juga memiliki tingkat kehadiran yang rendah.

Selain itu, ada nama Pendi Bangadatu, Desi Susanti Sutomo dan Arum Spink dari Fraksi Nasdem juga tingkat kehadirannya cukup rendah. Kemudian, dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), nama Abdul Hafid Pasiangan, Asrul Makkaraus dan Syahrir Langko juga kehadirannya cukup rendah, sementara dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni Baso Syamsu Rizal dan Taslim Tamang bersaing dan menyusul nama caleg DPR RI Ariady Arsal.

Selanjutnya dari fraksi Partai Hanura yakni Ali Usman, Wahyuddin serta Imbar Ismail, sementara dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terdapat nama dua caleg DPR RI masing-masing Abdullah Tappareng dan Sarce Bandaso serta politisi gaek Dan Pongtasik, serta dari Fraksi Ummat Bersatu yakni Jumardi Haruna dari Partai Bulan Bintang (PBB), Suzanna Kaharuddin dari Partai Kedilan dan Persatuan (PKPI) serta legislator PKB Hengky Yasin.

Sekedar diketahui, BK, saat ini dipimpin oleh Marzuki Wadeng dari Partai Golkar dengan anggota masing-masing Muh Anas Hasan, Ina Nursyamsina, Husmaruddin, H Muslim Salam, Abdul Wahid Ismail, dan Muh Jafar Sodding.(*)


BACA JUGA