Kepala Sekolah SDN 31 Panaikang Sinjai Timur Sinjai bersama dengan para guru di sekolahnya

IGI Dahulukan Kecukupan Guru Sebelum Meningkatkan Kompetensi

Sabtu, 15 Desember 2018 | 09:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ikatan Guru Indonesia (IGI) mendorong pemerintah untuk memprioritaskan peningkatan jumlah guru, sebelum melakukan upaya peningkatan kualitas.

“Kalau jumlah guru PNS di sekolah negeri masih kurang, buat apa pemerintah menghabiskan uangnya meningkatkan kompetensi gurunya?,” kata Ketua DPP IGI, Muhammad Ramli Rahim, Sabtu (14/12/2018).

“Dahulukanlah mencukupkan gurunya, baru meningkatkan kompetensinya,” imbuhnya.

Maka dari itu, kata dia seleksi guru harus menghasilkan guru berkualitas dan guru yang ada didorong agar mau meningkatkan kompetensinya secara mandiri, tanpa harus bergantung pada anggaran negara dan anggaran daerah.

Menurut MRR, akronim namanya, hal ini sangat mungkin terjadi, pasalnya IGI sudah melakukan peningkatan kualitas guru selama 3 tahun terakhir tanpa menggunakan anggaran APBN.

“Apakah itu mungkin? Faktanya IGI mampu melatih 1,4 juta guru dalam 3 tahun tanpa APBN dan tanpa bergantung APBD,” tuturnya.

“Kata Imam Syafi’i, Apabila Urusan Menjadi Banyak, Maka Mulakan Dengan Yang Paling Penting. Mari berjuang bersama memastikan seluruh sekolah negeri tercukupi guru PNSnya dan seluruh sekolah swasta tercukupi guru GTYnya.,” tandasnya.(*)


BACA JUGA