Gempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/12/2018) sekira pukul 06.00 WITA

Gempa 4,2 SR Guncang Wajo, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Senin, 17 Desember 2018 | 09:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

WAJO, GOSULSEL.COM — Gempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/12/2018) sekira pukul 06.00 WITA.

Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, mengatakan gempa bumi yang berkekuatan 4,2 SR tersebut berada pada jarak 7 kilometer Utara Kecamatan Keera Kabupaten Wajo.

pt-vale-indonesia

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 4.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.75 LS-120.30 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 kilometer Utara Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 KM,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa gempa tersebut terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif yang berdekatan dengan pusat episenter. Ia juga meminta masyarakat Wajo untuk tidak panik karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas sesar aktif yang berdekatan dengan pusat episenter. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

Ia juga menambahkan guncangan gempa bumi dirasakan di Wajo III MMI dan di Sidrap II MMI dan gempa bumi susulan terjadi sebanyak 2 (dua) kali dengan kekuatan 3.2 dan 2.1 skala magnitudo.(*)


BACA JUGA