Endang Sari, Satu-satunya Komisioner Perempuan KPU Kota Makassar

Selasa, 25 Desember 2018 | 10:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, Senin (24/12/2018) kemarin melantik 165 anggota KPU kabupaten/kota dari 33 provinsi di Indonesia.

Lima orang komisioner yang juga ikut dilantik adalah anggota KPU Kota Makassar periode 2018-2023 yakni M.Farid Wajdi, Endang Sari, M Gunawan Mashar, Abd Rahman, dan Romy Harminto.

pt-vale-indonesia

Hasil pleno pertama telah menetapkan M.Farid Wajdi sebagai ketua KPU kota Makassar. Di antara kelima nama komisioner baru tersebut juga terdapat satu-satunya anggota komisioner KPU Makassar perempuan yakni Endang Sari.

Endang Sari berlatar belakang dosen ilmu politik Unhas, selain mengajar Endang juga sebelumnya sibuk terjun di dunia penelitian dan pendidikan politik pada berbagai forum.

“Selama ini saya berada di kampus, kini saya ingin mengabdikan diri di luar kampus untuk mengawal demokrasi Kota Makassar,” jawabnya ketika ditanyakan apa alasan akhirnya ikut seleksi KPU Kota Makassar. 

Perempuan kelahiran Watampone 15 Oktober 1985 ini meyakini, “Demokrasi yang sehat akan lahir dari penyelenggaraan yang jujur, amanah dan kredibel karena itu bersama teman-teman komisioner yang lain saya optimis hal itu bisa dijalankan,” terang Endang.

“Sebagai satu-satunya komisioner perempuan saya berharap demokrasi kita bukan hanya dibangun dengan iklim kompetisi namun juga harus diikuti dengan kesantunan dan kedamaian. Karena demokrasi yang baik adalah proses adu gagasan dan jual beli ide, bukan adu otot apalagi transaksi suara,” tandasnya.(*)


BACA JUGA