Nadyatul Hikmah Shuhufi (kanan), mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta asal Kabupaten Gowa

Kado Akhir Tahun, Nadya Penghafal Alquran 30 Juz Asal Gowa Raih Penghargaan UIN Jakarta

Selasa, 01 Januari 2019 | 18:56 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Nadyatul Hikmah Shuhufi, mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta asal Kabupaten Gowa mendapat penghargaan dalam bidang tahfidz 30 juz. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dede Rosyada di Auditorium Harun Nasution, Senin (31/12/2018).

“Jadi tiap tahun memang di UIN Jakarta ada event ini untuk semua mahasiswa yang berprestasi non-akademik. Ada beberapa kategori seperti Lomba nasional, lomba internasional, relawan, karya, tahfidz. Kebetulan tahun ini ada 244 mahasiswa yang dapat, saya salah satunya dari bidang tahfidz,” kata Nadya sapaan akrabnya.

Kepada Gosulsel.com, Nadya yang merupakan anak pertama dari pasangan Muhammad Shuhufi anggota Dai Kabuapten Gowa dan Fatmawati Hilal yang juga merupakan Ketua Ikatan Da’iyah (Ikady) Kabubaten Gowa ini mengatakan bahwa ia mulai menghafal Alquran 30 juz  sejak 2014 lalu.

“Mulai hafal Quran pas masuk Madraah Aliyah (MA) di Pondok Pesntren (Ponpes) Darud Da’wah wal Irsyad (DDI) Mangkoso tahun 2014 dan Alhamdulillah menyelesaikan hafalan 30 juz tahun 2016,” ujarnya kepada Gosulsel.com (31/12/2018)



Bagi mahasiswi jurusan Dirasah Islamiyah semester 3 ini, dalam proses menghafal bukan tanpa kendala. Pasalnya, ia berada di lingkungan Pondok pesantren yang bukan khusus penghafal dan itu membuatnya harus mengatur waktu yang baik antara belajar dengan menghafal Alquran.

“Kesulitannya karena memang saya pondoknya bukan yang khusus menghafal saja. Jadi tetap ada belajar umum, ada penjurusan yang kebetulan saya ambil jurusan IPA, lumayan sibuk dari jurusan-jurusan lain. Ya paling dalam membagi waktu menghafal sama belajar saja kesulitannya,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA