Salah satu produk brand lokal Makassar, Maskerade yang sudah menembus pasar Internasional

Sejak 2017, Brand Lokal Makassar Maskerade Tembus Pasar Jepang

Rabu, 06 Februari 2019 | 10:56 Wita - Editor: Irwan AR -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Industri fashion Makassar bertambah semarak dengan hadirnya salah satu brand lokal Maskerade. Brand lokal ini mengangkat nuansa motif budaya etnik nusantara di setiap produk mereka seperti baju, tas, waist bag, aksesoris, hingga selendang.

Pemilik Maskerade, Nana saat ditemui di Four Point, akhir pekan lalu, mengisi salah satu tenant di event creativepreneur mengungkapkan ada banyak cara untuk turut melestarikan kebudayaan Indonesia, salah satunya menyalurkannya di bidang fashion.

salah satu produk Maskerade

“Karena saya suka tenun, jadi saya mengangkat tenun untuk dijadikan usaha. Sasaran market saya juga anak muda karena biasanya tenun itu identik dengan outfit orang tua dan kaku hanya untuk acara formal, nah di sini saya ingin mengajak anak muda untuk memakai tenun dengan menyediakan tenun yang trendi dan fashionable namun tetap memiliki unsur budaya karena tenunnya pun saya ambil dari tenun toraja” jelas Nana.

Di usianya yang masih tergolong muda, Nana sudah mengembangkan Maskerade bukan hanya dikenal di Makassar dan Indonesia tapi sudah menembus ke negara Jepang. Punya rumah gallery di Jl Hertasning Makassar, dalam sebulan Maskerade bisa memproduksi hingga 500 pcs dan tahun ini menargetkan produksi naik menjadi 700-1000 pcs per bulan.

Nana yang saat ini sedang menempuh pendidikan magister mengaku awalnya tidak menyangka Maskerade bisa seperti sekarang. “Kalau ingat yang dulu-dulu itu modal saya hanya Rp300.000 ribu saja dan hanya jualan gelang, tapi alhamdulillah meskipun baru berumur dua tahun peminatnya banyak sampai saya bisa melanjutkan S2 dan memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa minta lagi kepada orang tua” ucapnya berkaca-kaca.

Puncak prestasi Nana selama menjalani bisnis ini menurutnya ketika Maskerade menjadi perwakilan Sulawesi Selatan untuk mengikuti ajang nasional Makerfest Big Bang Jakarta 2018 yang diikuti oleh kreator-kreator brand lokal se-Indonesia. Kegiatan ini menjadi sebuah wadah bagi pelaku kreator lokal dan industri ekonomi kreatif untuk menjajakan produk mereka, baik yang bergerak di bidang fashion, kosmetik, kuliner, alat musik dan berbagai macam produk kreatif lainnya.

Kedepannya Ia berharap melalui serupa, para kreator lokal tidak hanya berorientasi pada bisnis semata, tetapi juga mengedepankan aspek edukasi budaya melalui produk yang dihasilkannya.(*)

(Reporter: Fira/Kontributor Gocakrawala)