Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah menyerahkan bantuan uang sebesar Rp150 juta untuk korban yang terkena banjir dan longsor di Kabupaten Gowa, Sabtu (9/2/2019)

Pemkab Donggala Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam di Gowa

Sabtu, 09 Februari 2019 | 19:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, yang dipimpin langsung Bupati Kabupaten Donggala, Kasman Lassa, menyerahkan bantuan uang sebesar Rp150 juta untuk korban yang terkena banjir dan longsor di Kabupaten Gowa, Sabtu (9/2/2019).

Kasman Lassa mengatakan, bantuan tersebut hasil partisipasi dari ASN lingkup pemda Donggala yang dikhususkan untuk Kabupaten Gowa. “Semua murni hasil dari paritisipasi ASN kami. Ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama,” katanya usai menyerahkan bantuan, di Posko Induk Gowa baruga Karaeng Pattingalloang.

pt-vale-indonesia

Kasman Lassa juga mengaku, dirinya pernah berada di posisi yang sama yakni dari bencana gempa dan tsunami yang menimpa Palu, Donggala dan sekitarnya, sehingga bisa merasakan derita yang dialami oleh masyarakat Gowa.

“Dulu waktu kita terkena bencana, bantuan banyak yang datang terutama dari Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan ini, karena itu kami datang langsung untuk memberikan bantuan ini meskipun tidak seberapa sebagai rasa perhatian kita yang begitu besar kepada Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Menurut Kasman, pihaknya sengaja memberikan dana tunai agar pengelola bantuan ini bisa membelanjakan sesuai dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. 

“Kita tidak tau apa yang memang sangat dibutuhkan oleh korban, sehingga kami langsung membawa tunai tanpa logistik agar bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhan para korban. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban yang dirasakan oleh masyarakat maupun pemerintah Kabupaten Gowa,” harap Kasman.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Sekda Gowa, Muchlis menyambut antusias bantuan tersebut. Pasalnya bantuan dari Pemkab Donggala ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat Kabupaten Gowa khususnya yang terkena banjir dan longsor.

“Saya tentu atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Donggala bersama seluruh jajaran  pemerintah Donggala, yang telah memberikan perhatian begitu besar kepada warga kita yang tertimpa musibah,” katanya.

Adnan menjelaskan, dirinya tidak melihat jumlah bantuan yang masuk, namun yang terpenting kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan adanya bantuan-bantuan yang masuk dari berbagai pihak.

“Semoga kebaikan semuanya diganjar pahala yang tinggi oleh Allah SWT, dan masyarakat kita juga sedikitnya bisa terpenuhi kebutuhannya,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Di akhir penyerahan, masing-masing bupati memberikan cinderamata untuk kenang-kenangan. Turut hadir dalam rombongan Pemkab Donggala Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Sekda Donggala, Asisten I, Asisten II, Asisten III dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Pemkab Donggala.(*)


BACA JUGA