Perakitan kotak suara berbahan kardus di Gedung KPU Kota Makassar, Perumnas Antang, Manggala, Selasa (12/2/2019)
#

Mulai Rakit Kotak Suara, KPU Makassar Target Seribu Perhari

Selasa, 12 Februari 2019 | 22:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mulai merakit kotak suara untuk pemilu 17 April 2019 mendatang. Sebanyak 19 ribu kotak suara yang akan dirakit untuk didistribusikan kepada 3.998 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kecamatan se-Makassar.

Material kotak suara yang terbuat dari bahan kardus dikeluarkan dari gudang kemudian dirakit di Gedung KPU Kota Makàssar, Perumnas Antang, Manggala, Selasa (12/2/2019). Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi ikut merakit. Menurutnya perakitan cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak.

pt-vale-indonesia

“Tadi saya coba (merakit) satu kotak, satu menit sudah jadi. Kita cuma instal saja, karena modelnya sudah dibuat dengan elemen lengkap, kerangkanya sudah ada. Kalau sudah biasa malah bisa kurang dari satu menit,” kata Farid.

KPU menggunakan 20 orang tenaga untuk merakit. Pada siang kemarin, KPU berhasil merakit sampai 200 kotak suara. Menurut Farid pihaknya menargetkan bisa selesai sebelum distribusi dimulai. Rencananya distribusi akan dimulai pada akhir bulan Fabruari.

Lebih jauh dia mengaku belum berencana menggunakan tambahan orang untuk merakit kotak suara. Sebab, petugas internal KPU dianggap mampu menangani, dengan kemampuan rata-rata seribu kotak per hari.

“Kita sengaja memulai lebih awal perakitan kotak agar bisa mengukur keadaannya. Supaya bisa mengetahui kondisi dan kelayakan surat suara sebelum didistribusikan,” ujar Farid.(*)


BACA JUGA