Relawan Demokrasi mengadakan Study Demokrasi di SMA Negeri 12 Makassar, Kamis (14/2/2019)

Sasar Pemilih Pemula, Relawan Demokrasi KPU Makassar Mulai Sosialisasi di Sekolah

Kamis, 14 Februari 2019 | 22:50 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Relawan Demokrasi Kota Makassar basis pemilih pemula menggelar study demokrasi di SMA Negeri 12 Makassar, Kamis (14/2/2019).

Kegiatan ini dalam rangka menyambut Pemilu 2019. Studi Demokrasi kali ini melibatkan siswa-siswi SMA kelas 3, baik dari jurusan IPA dan IPS.

pt-vale-indonesia

“Substansi dari kegiatan ini adalah pendidikan politik bagi para pemilih pemula, untuk memotivasi semangat demokrasi mereka,” kata Komisioner KPU Makassar, koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Endang Sari , Selasa (5/2/2019).

Selain mendapatkan pemahaman teknis pencoblosan, menurut Endang, mereka juga diberikan pemahaman konsep-konsep dasar dalam politik. Khususnya esensi demokrasi dan sejarah kepemiluan di Indonesia.

Dalam kegiatan Studi Demokrasi ini, para relawan dari basis pemilih pemula menggunakan pola diskusi yang bersifat dua arah. Dengan tujuan agar para siswa turut aktif dalam diskusi.

“Terdapat beberapa pertanyaan yang terlontar, di antaranya terkait mengapa politik menjadi negatif hari ini, fungsi DPD dalam badan legislatif? pemilih dengan gangguan jiwa,” tuturnya.

Endang juga menarik kesimpulan dari kegiatan itu. Menurutnya penting memberikan pemahaman dasar politik dan perspektif inklusifitas pemilih.

“Dengan harapan para pemilih pemula menjadi pemilih yang berkualitas dan terdorong semangatnya untuk ikut dalam Pemilu tanggal 17 April,” tandasnya.(*)


BACA JUGA