Bupati Bulukumba berkunjung ke lokasi peternak lebah madu di Bontobahari, Rabu (20/2/2019)
#

Terpikat Segarnya Madu Rumah Lebah Bontobarahi, Bupati Andi Sukri Siapkan Bantuan Usaha

Rabu, 20 Februari 2019 | 23:38 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Bontobahari, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali mampir ke Rumah Lebah milik Arifin, warga Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bontobahari, tepatnya di sekitar taman hutan rakyat (tahura), Rabu (20/2/2019).

Rumah Lebah Arifin ini berada di pinggir jalan jalur menuju lokasi wisata Pantai Lemo-Lemo. Pekarangan dan kebun di belakang rumah Arifin dijadikan sebagai lokasi penangkaran lebah hutan.

Menurut Arifin, jumlah rumah lebah atau koloni yang telah dia buat sekitar 300 koloni, ditambah 200 koloni di Kecamatan Bontotiro. Jadi totalnya mencapai 500 buah koloni lebah.

Setiap koloni tambah Arifin dapat menghasilkan 3 botol sirup yang dipanen setiap 3 bulan.  Koloninya dibuat dari batang kayu besar kemudian dipotong menjadi beberapa bagian. Namun ada juga yang terbuat dari loster yang disusun.

“Karena jumlah koloni sudah banyak, jadi saya sudah bisa panen 5 botol perhari. Tapi sebagai penangkar lebah madu, dibutuhkan kesabaran dan keuletan,” beber Arifin.

Di hadapan Bupati, pria yang masih berumur 32 tahun itu mengaku sebelum menggeluti pekerjaan ini, dia berprofesi sebagai nelayan dan nyambi memburu rusa di hutan. Awal mula merintis peternakan lebah itu, bermula ketika ada pengusaha yang membuka lahan di sekitar wilayah itu.

Halaman:

BACA JUGA