Bupati Bulukumba berkunjung ke lokasi peternak lebah madu di Bontobahari, Rabu (20/2/2019)
#

Terpikat Segarnya Madu Rumah Lebah Bontobarahi, Bupati Andi Sukri Siapkan Bantuan Usaha

Rabu, 20 Februari 2019 | 23:38 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Dampak dari pembukaan lahan tersebut justru membuat banyak koloni lebah yang terusir. Dia pun akhirnya berpikir bagaimana menyelamatkan koloni lebah itu dengan cara memindahkan di dekat rumahnya.

“Daripada koloni lebah itu rusak percuma, saya pindahkan di dekat rumah dan mencoba membudidayakan,” bebernya.

pt-vale-indonesia

Alhasil, saat ini Arifin bersama istrinya sudah membangun outlet penjualan madu di depan rumahnya. Harga jual madu ukuran botol sirup senilai Rp 150 ribu. Selain itu, ia juga menjual produk serbuk daun kelor yang banyak ditanam di lahannya sebagai bahan makanan dari lebahnya.

“Jadi saya selalu menanam. Tanam pohon apa saja. Semakin banyak tanaman, semakin banyak pula bahan makanan untuk lebah,” ungkapnya.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali didampingi Kepala Cabang Bank Sulselbar Bulukumba, Finni Arfianas Azwar, mengapresiasi usaha yang dirintis Arifin. Ia memuji semangat Arifin yang memulai usaha dari nol dan terus melakukan inovasi pengembangan.

“Seharusnya usaha seperti ini menjadi perhatian dari dinas terkait untuk memberikan pendampingan. “Saya akan meminta dinas terkait untuk membantu memfasilitasi izin produknya, termasuk izin BPPOM-nya,” kata Sukri Sappewali.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati menyaksikan langsung bagaimana Arifin memanen salah satu koloni madunya. Arifin pun meminta AM Sukri Sappewali untuk mencicipi madu segar yang baru dipanennya itu. “Wah ini sangat enak, nikmat dan segar,” kata  Andi Sukri.(*)

Halaman:

BACA JUGA