UT Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Penyamaan Persepsi Tutor, Tutorial, Tatap Muka di Rayhan Square Hotel Selayar, Rabu-Sabtu (13-16/2/2019)

Tingkatkan Pengetahuan Tutor, Universitas Terbuka Beri Pelatihan

Rabu, 20 Februari 2019 | 18:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tutorial adalah layanan bantuan belajar bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) dan dilakukan di bawah bimbingan tutor. Dalam tutorial, tutor dan mahasiswa membahas dan mendiskusikan hal-hal yang dianggap sulit dan sangat penting. 

Mengingat pentingnya peran dan fungsi tutorial tersebut, maka tentunya dibutuhkan tenaga tutor, yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya. Tidak hanya itu, tutor juga harus mampu mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk disiplin terhadap waktu dan belajar mandiri, agar dapat menangani kendala yang dihadapinya dalam proses belajar.

pt-vale-indonesia

Untuk meningkatkan kualitas tutorial, khususnya di Kabupaten Selayar, UT Makassar mengadakan kegiatan Pelatihan Penyamaan Persepsi Tutor, Tutorial, Tatap Muka. Acaranya dilaksanakan di Rayhan Square Hotel Selayar, Rabu-Sabtu (13-16/2/2019). Pelatihan ini diikuti oleh 60 orang peserta dari berbagai latar belakang.

Kepala UT Makassar dalam hal ini diwakili Manager Bidang BBLBA, Drs Subirman Musa, M.Hum dalam sambutannya mengimbau, para peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik dan membuat produk berupa RAT dan SAT. 

Dalam pelatihan PATUT ini, dijelaskan tentang materi-materi terbaru yang disampaikan oleh fasilitator dari UT pusat, yang diwakili Dra Trini Prastati, dan Dra Hartinawati, M.Pd, serta fasilitator dari UT Makassar. 

“Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan tutor selama tiga hari ini, meliputi konsep sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, konsep dan strategi belajar mandiri, pembelajaran aktif dalam tutorial, apa mengapa bagaimana kit tutorial, ragam metode pembelajaran dan cara menyusun SAT RAT, serta penggunaan bahan presentasi dan pemanfaatan ragam sumber belajar,” ungkap Drs Subirman. 

Hari terakhir, kegiatan pelatihan tutor TTM dilaksanakan praktek tutorial mini, yang dilakukan para peserta pelatihan.(*)