Sekda Gowa, H. Muchlis

Sekda Gowa Sebut Lomba Sekolah Sehat Lahirkan Generasi yang Sehat

Senin, 25 Februari 2019 | 23:26 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM –  Setelah sempat maraih juara  satu tingkat provinsi dan mewakili Sulawesi Selatan di tingkat Nasional pada lomba sekolah sehat 2018 lalu, pada Tahun 2019 Kabupaten Gowa kembali mengikuti lomba sekolah sehat tingkat provinsi.

Tahun ini ada tiga sekolah yang mewakili Kabupaten Gowa ikut dalam lomba sekolah sehat tingkat provinsi Sulsel, yaitu TK Pertiwi, SD Unggulan Paccinongan dan SMP Negeri III Sungguminasa.

pt-vale-indonesia

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa B. Muchlis mengatakan bahwa selain sebagai ajang lomba, kegiatan tersebut sebagi upaya untuk mewujudkan  Gowa menjadi betul-betul kabupaten sehat.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini akan menambah lagi banyaknya uapaya-upaya kita untuk mewujudkan Gowa menjadi kabupaten yang betul-betul sehat,” ujarnya.

Di luar dari pada itu, H. Muchlis mengatakan bahwa kehadiran penilaian yang dilakukan di sekolah secara tidak langsung akan menanamkan pada diri peserta didik untuk hidup bersih dan sehat.

“Nah ini suatu hal yang sangat strategis karena dilakukan di sekolah. Artinya calon generasi kita sudah diyanamkan bagiamana berperilaku hidup bersih sehingga apa yang kita harapkan di lingkungan masyarakat nanti bisa lebih cepat proses menju ke perilaku itu karena teman-teman siswa ini sudah paham bagaimana menjaga perilaku hidup yang bersih dan sehat,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan jika perilaku hidup sehat sudah tertanam pada di siswa dan lingkungan sekitar maka anggaran untuk pembiayaan BPJS kesehatan dapat dikurangi.

“Insya Allah kalau ini kita lakukan secara serantak maka akan upaya untuk kuratif itu semakin berkurang. Jadi anggran yang disiapkan oleh pemerintah untuk BPJS Kesehatan itu mungkin secara beransur akan bisa kita kurangi dan berpindah kepada upaya promosi kesehatan dan preventif,” tambahnya.(*)


BACA JUGA