Adnan Purichta Ichsan menghadiri deklarasi Ayo Gowa Bersih di CFD Sungguminasa, Minggu (10/2/2019).

HPSN 2019, Besok BBKSDA Sulsel Gelar Aksi Peduli Sampah di Malino

Minggu, 03 Maret 2019 | 13:52 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan menggagas Aksi Peduli Sampah di kawasan Hutan Pinus Malino dan Pasar Sentral Malino, Senin Besok (4/3/2019).

Dalam kegiatan, BBKSDA Sulsel ini menggandeng kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Gowa dengan bertema “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.

pt-vale-indonesia

Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, Thomas Nifinluri mengatakan kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah.

Olehnya itu, Thomas berharap kegiatan tersebut dapat mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan dinamika dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.

“Kemudian meningkatkan peran aktif dan langkah-langkah pemerintah daerah serta masyarakat dalam pengelolaan sampah,” kata ujarnya.

Selain itu, kata Thomas pihaknya juga ingin melakukan edukasi tentang permasalahan dan solusi untuk mengatasi sumbernya.

“Kita akan melakukan kerja bakti nasional di 74 titik di Indonesia. Di Sulsel diadakan di Taman Wisata Alam Malino yang juga merupakan kawasan konservasi BBKSDA Sulsel,” tambah Thomas.

Ia menambahkan sebanyak 500 peserta diperkirakan akan terlibat dalam aksi peduli sampah di Malino tersebut. “Kita juga ada penanaman pohon endemik sebanyak 10 lubang,” tambahnya.(*)


BACA JUGA